Tips Asyik & Aman Wisata ke Kebun Raya Bogor Saat Musim Hujan

Bogor adalah daerah yang berbatasan langsung dengan Ibukota Jakarta, maka dari itu tidak mengherankan jika saat liburan akhir pekan atau tanggal merah penduduk Ibukota Jakarta banyak yang berwisata ke kota Bogor. Selain karena jaraknya yang tidak terlalu jauh, banyak destinasi wisata yang menarik dan indah alami. Salah satu destinasi wisata yang terkenal di kota Bogor adalah Kebun Raya Bogor. Letaknya yang strategis di pusat kota Bogor sehingga mudah di jangkau menjadi salah satu daya tarik Kebun Raya Bogor selain karena memang pepohonannya yang rindang dan udaranya yang sejuk.

Namun saat musim penghujan tiba, banyak yang membayangkan berwisata ke Kebun Raya Bogor tidak akan mengasyikkan. Toh Bogor yang mendapat julukan sebagai kota hujan karena saat musim kemarau saja masih sering hujan, apalagi di musim penghujan, pastinya hujan akan setiap hari turun. Apa asyiknya berwisata ke kebun raya, pasti kehujanan.

Jangan khawatir, berwisata ke Kebun Raya Bogor akan tetap mengasyikkan dan aman jika Anda mempersiapkan diri seperti  kata pepatah “sedia payung sebelum hujan”.

Berikut ini 8 tips asyik dan aman berwisata ke  Kebun Raya kota Bogor saat musim hujan :

  1. Pastikan tubuh dalam keadaan sehat.

Berwisata atau berlibur sangat baik untuk kesehatan hati dan pikiran, namun kondisi tubuh juga harus dalam keadaan sehat dan kuat untuk melakukan perjalanan wisata.

  1. Sediakan jas hujan atau payung sebagai bekal wajib.

Jika lupa membawa jas hujan atau payung, dalam keadaan darurat bisa menggunakan jasa ojek payung atau membeli jas hujan yang akan banyak ditawarkan ketika hujan.

  1. Membawa baju ganti dan sandal.

Jika memungkinkan, lebih baik memakai sandal agar tetap nyaman jika kehujanan.

  1. Membawa plastik sebagai pelindung tas dan perlengkapan lainnya yang tidak anti air.

Hal ini dilakukan agar isi dalam tas Anda tetap kering ketika terkena hujan.

  1. Membawa obat-obatan pribadi atau minyak angin sebagai penghangat badan.
  2. Mengunjungi Museum.

Ketika hujan turun sebelum Anda berada di kebun raya Bogor. Jangan khawatir perjalanan Anda akan sia-sia, Anda bisa mengunjungi Museum-museum yang ada disekitar Kebun Raya Bogor, seperti museum Zoologi Bogor. Hal ini untuk tidak membuang waktu percuma menunggu hujan reda. Dengan mengunjungi Museum-museum tersebut, maka wisata tetap akan aman karena dilakukan didalam gedung Museum, bahkan menambah wawasan. Selain itu, jika hujan telah reda dan tetap penasaran ingin mengunjungi Kebun Raya Bogor, Anda tidak akan terlalu jauh menjangkaunya, apalagi jika Anda berada di dalam Museum Zoologi, maka Anda tinggal melangkahkan kaki menuju pintu keluar yang berbatasan langsung dengan Kebun Raya Bogor.

  1. Bermain hujan-hujanan atau menunggu di dalam ruangan.

Ketika Hujan turun saat Anda sudah berada didalam Kebun Raya Bogor. Anda tak perlu panik. Selama hujan turun tanpa adanya kilatan petir atau suara Guntur yang ditandai hujan turun tanpa angin yang kencang dan langit tidak terlalu gelap, Anda bisa memanfaatkan momen hujan tersebut untuk bermain hujan. Selain mengasyikkan, ternyata bermain hujan-hujanan itu bisa sebagai terapi yang berkhasiat untuk kesehatan.

Namun jika langit sangat gelap, disertai angin kencang sebelum hujan turun, biasanya akan ada petir dan guntur. Karena itu segeralah mencari bangunan tempat berlindung seperti masjid, restoran atau kafe, dan rumah bunga yang ada di dalam kebun raya Bogor. Jangan coba-coba berteduh dibawah pohon, karena dapat beresiko pohon tumbang dan tersambar petir. Sambil menunggu hujan reda, hindari bermain handphone dan perbanyaklah berdzikir dan berdo’a karena saat hujan turun adalah salah satu waktu yang mustajab untuk dikabulkannya do’a. Dengan begitu perjalanan wisata Anda akan penuh hikmah dan tetap aman serta penuh rasa syukur.

  1. Beristirahat dan menikmati makanan.

Setelah hujan reda, jika Anda masih punya banyak energi dan waktu untuk melanjutkan wisata Anda mumpung liburan. Sebaiknya tetap beristirahat sejenak dan mengganti pakaian jika basah. Beristirahatlah sambil menikmati makanan yang Andal bawa agar stamina Anda tetap terjaga. Jangan khawatir jika Anda tidak membawa bekal, kota Bogor juga terkenal akan kulinernya yang bisa Anda cicipi.

Setelah bugar kembali dan hujan reda, Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan wisata Anda dengan berkeliling Kebun Raya Bogor atau beranjak ke tempat wisata lainnya. Dengan tetap memperhatikan dan menyesuaikan perjalanan wisata Anda dengan gejala alam yang terjadi, maka liburan Anda akan tetap aman dan mengasyikkan.  Selamat berlibur dan jangan lupa bersyukur….

[er]