Sat. Jan 25th, 2020

Aksi 1000 Lubang Biopori Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor

BOGOR-WARTABOGOR.id-  Mengawali tahun 2019 ini mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor membuat gebrakan peduli lingkungan melalui aksi pembuatan lubang biopori di sekitar area Kampus Polbangtan Bogor. Aksi ini digagas oleh aktivis mahasiswa peduli lingkungan yang tergabung dalam wadah SEMESTA.

Menurut Ketua SEMESTA, M. Alamsyah, “ Program ini kami laksanakan bekerja sama dengan PT Nestlé Indonesia yang memfasilitasi alat pembuat biopori sebanyak 20 unit, dibimbing oleh Kaprodi Aribisnis dan Hortikultura Wasissa Titi Ilhami.”

“Pembuatan lubang biopori ini sendiri memang sinkron dengan tujuan organisasi kami yang bergerak di bidang lingkungan hidup. Kami akan mengupayakan program ini agar terlaksana dengan baik dan sesuai dengan tujuan bersama,” imbuhnya.

Biopori ini dibuat pada tempat-tempat yang berpotensi terkena  genangan air, yaitu di sepanjang jalan kampus. Sasaran dan rencana untuk pembuatan berikutnya akan dibuat di sekitar area asrama mahasiswa.

Alamsyah juga menambahkan, “Pengomposan alami oleh biopori ini juga bertepatan dengan berjalannya program bakti kampus mahasiswa. Sehingga seresah dan jatuhan daun kering yang terkumpul setelah pembersihan lingkungan kampus dapat langsung dimasukan ke dalam lubang biopori untuk dikomposkan.”

 

-Ar-