Bakpao dari Kulit Pisang Karya Mahasiwa Polbangtan Bogor Juara Harapan I

BOGOR-WARTABOGOR.id –  Limbah kulit pisang yang semakin hari terus bertambah, sebagian masyarakat Indonesia sudah memanfaatkannya menjadi pupuk organik cair, pakan ternak, dan berbagai olahan seperti mie kulit pisang, keripik, kulit pisang, dan brownis kulit pisang. Namun belum terpikirkan diolah menjadi bakpao kulit pisang.

Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berinovasi dengan membuat produk Mini Bakpao (Mipao) berbahan kulit pisang. Inovasi ini berhasil menyabel gelar sebagai Juara Harapan I pada Lomba Karya Inovatif Mahasiswa (KIM) Tingkat Nasional di Hotel Arch Bogor Kamis (5/09).

Delegasi yang terdiri dari Deti Aisah, Didi Kurniasandi, dan Umi Rahmasari mahasiswa Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan mengambil judul  Pemanfaatan Limbah Kulit Pisang Ambon Menjadi Olahan MIPAO (Mini Bakpao) dalam Mendukung Program SDG’s (Sustainable Development Goal’s).

“Harapan ke depannya semoga masyarakat Indonesia bisa memanfaatkan limbah kulit pisang menjadi olahan mini bakpao sehingga bisa menambah pendapatan keluarga,” imbuh Didi, perwakilan tim KIM Polbangtan Bogor.

-Ar-