Begini Suasana Pembinaan Masyarakat yang dilakukan Rumah Zakat

BOGOR-WARTABOGOR.id- Rumah Zakat melakukan pembinaan keislaman secara rutin kepada penerima manfaat, baik itu penerima manfaat anak-anak TBM Perpustakaan Sampah, Nasabah Bank Sampah,Penerima Manfaat Wirausaha maupun kelompok ternak. Semuanya itu dalam pembinaannya berbeda-beda, untuk anak-anak dan remaja setiap pekan, untuk ibu-ibu penerima manfaat wirausaha dua pekan sekali, nasabah bank sampah satu bulan sekali dan kelompok ternak satu bulan sekali.

“Dalam pembinaan keislaman tentu menyesuaikan dengan waktu yang mereka miliki, kecuali anak-anak dan remaja rutin setiap pekan sedangkan penerima manfaat ibu-ibu dan bapak-bapak baik wirausaha maupun kelompok ternak itu dua pekan sekali”, ungkap Elan Jaelani Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Selasa (18-09-2018).

“Saya senang sekali bisa ikut bimbel Matematika dan Bahasa Inggris di TBM Perpustakaan Sampah, selain itu juga ikut pembinaan keagamaan, semakin menambah wawasan saya”, kata Diva salah satu penerima manfaat Rumah Zakat.

Begini Suasana Pembinaan Masyarakat yang dilakukan Rumah Zakat
Untuk pembinaan pekanan remaja selain dilakukan di TBM Perpustakaan Samaph, agar tidak membosankan mereka kadang diajak makan ke tempat-tempat makan terdekat di Desa Berdaya Pamoyanan. Dengan sekedar makan baso di luar, suasana riang pun nampak dari wajah-wajah mereka, karena merekapun sangat jarang untuk makan-maka di luar.

Lain halnya dengan pembinaan ibu-ibu secara rutin setiap bulan mereka mendapatkan materi ketahanan keluarga, baik pemateri dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat maupun pemateri tamu. Dengan seringnya berkumpul secara positif maka ikatan silaturahim antar merekapun menjadi semakin erat.

“Setiap bulan kita kumpul, ngobrol-ngobrol dan mendapatkan materi ketahanan keluarga dari Rumah Zakat, dengan adanya acara majlis ta’lim seperti ini silaturahim ibu-ibu khususnya menjadi semakin erat”, Kata bu Nita salah seorang penerima manfaat dari RUmah Zakat untuk wirausaha.

Lain halnya dengan kelompok ternak berdaya, mereka mendapatkan pembinaannya langsung dilapangan yaitu dekat kandang kambing. Dalam suasana ringan mereka pun antusias mendengarkan apa yang disampaikan oleh Elan Jaelani Relawan Inspirasi Rumah Zakat, baik itu penyampaian tentang pentingnya beribadah Shalat dan ibadah-ibadah lainnya.

Begini Suasana Pembinaan Masyarakat yang dilakukan Rumah Zakat