BSMI Kota Bogor Adakan Pelatihan Keselamatan Medis Awam

BOGOR-WARTABOGOR.id – Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) kerjasama dengan DKM Al-Hidayah Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) mengadakan pelatihan pertolongan gawat darurat kepada 40 peserta pelatihan yang terdiri dari kalangan pelajar, masyarakat umum dan perwakilan komunitas. Pelatihan ini diadakan di Masjid Al-Hidayah RSMM.

“Pelatihan ini untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya peserta agar bisa melakukan pertolongan pertama kedaruratan dimana saja”, kata Irfan Sudrajat selaku ketua pelaksana dari pihak DKM Al-Hidayah RSMM, Minggu (13/10).

Pelatihan pertolongan pertama gawat darurat ini dapat diberikan kepada setiap orang, baik relawan,orang awam maupun petugas kesehatan dalam menanggulangi suatu keadaan yang mengancam nyawadengan situasi yang terbatas.

Pertolongan pertama itu merupakan tindakan awal yang harus segera diberikan kepada korban yang mengalami masalah kegawat daruratan, seperti akibat kecelakaan,penyakit mendadak atau insiden lainnya yang bersifat darurat sebelum dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit. Kegawat daruratan dapat menimpa kepada siapa saja, kapan saja dan dimana saja yang tidak dapat terelakkan.

Pertolongan pertama gawat darurat ini sering dianggap oleh kebanyakan orang adalah sebagai tanggung jawab petugas kesehatan semata, hal ini dapat dimaklumi karena mungkin informasi lengkap mengenai hal ini belum mereka peroleh. Padahal kenyataannya dilapangan peran serta ataupun keterlibatan masyarakat sangat berpengaruh, mulai dari mengurangi rasa nyeri meringankan penderitaan sampai menyelamatkan nyawa seseorang.

“Pasca kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa menjalin kemitraan dalam melakukan edukasi kepada masyarakat yang lebih luas dalam bidang kegawat daruratan”, kata Andri Triono selaku perwakilan dari BSMI Kota Bogor.