Cerita Mereka yang Terbantu oleh Program Wirausaha ROIS OJK

BOGOR-WARTABOGOR.id- Para penerima manfaat bantuan wirausaha ROIS OJK melalui Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan sangat dirasakan oleh mereka para pelaku usaha yang sebelumnya sudah berjalan. Selain mendapatkan bantuan modal, mereka juga mendapatkan pendampingan dan pembinaan dalam mengembangkan usahanya.

Pada saat pertemuan rutin pembinaan, mereka bercerita tentang produk-produk yang mereka miliki dan kembangkan. Salah satunya adalah bu Siti Masitoh atau dipanggil bu Imas yang memproduksi berbagai keripik mengungkapkan kemajuan usahanya baik dari kwalitas maupun dari pemasaran.

Cerita Mereka yang Terbantu oleh Program Wirausaha ROIS OJK
“Kita didampingi langsung oleh Fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat Kang Elan, selain itu pernah juga diberi pelatihan dari Fakultas Ekonomi Manajemen IPB dan hari ini diberikan Coaching oleh salah satu pengusaha muda ekspor olahan pangan di Kota Bogor yaitu kang Samsul”, Ungkap bu Imas, Senin (17-09-2018)

Seiring berjalannya waktu, dari yang tadinya hanya membuat keripik singkong biasa, saat ini oleh Coach Samsul disarankan ada varian-varian rasa lainnya yaitu rasa original,balado, jagung keju dan pedas. “Mulai bulan September ini standar mutu dan SOP pembuatannya disesuaikan dengan standar pengolahan pangan yang sudah dilakukan oleh pabrik-pabrik besar meskipun tetap disesuaikan dengan kemampuan masing-masing”, kata Coach Samsul.

Menurut Bu Imas, banyak manfaat yang didapatkan dari program wirausaha Rumah Zakat ini,mulai dari pendampingan usaha,pemasaran sampai bantuan modal usaha. 4 orang penerima manfaat bantuan wirausaha ini rutin diadakan pembinaan dan serta kunjungan dari fasilitator Desa Berdaya Rumah Zakat setiap 2 pekan sekali.

Selain bu Imas ada juga bu Anita,bu Irma dan bu Uas yang masing-masing memproduksi olahan hasil pangan baik kering maupun basah. Ke empat penerima manfaat bantuan wirausaha ini sebelumnya sudah mulai usahanya itu, namun karena tidak adanya pendampingan dan bantuan modal usaha mereka kesulitan, hanya memproduksi kalau ada yang pesan saja.

“Setelah mendapatkan bantuan wirausaha dari Donatur Rumah Zakat ini alhamdulillah produksi dan penjualan mereka meningkat meskipun belum signifikan, selain itu mereka juga membutuhkan pelatihan mengelola keuangan karena inti permasalahannya disana. karena mereka belum memiliki kemampuan mengelola uang akhirnya habis juga untuk dimakan sehari-hari”,ungkap ELan Jaelani Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan.
Cerita Mereka yang Terbantu oleh Program Wirausaha ROIS OJK