Dalami Pemberdayaan Masyarakat, Mahasiswa Polbangtan Bogor Kunjungi BPP Cidahu


SUKABUMI-WARTABOGOR.id –  Sebanyak 120 mahasiswa tingkat III Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor berkunjung ke Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Cidahu Kabupaten Sukabumi Selasa (11/05) dalam rangka praktik matakuliah Pemberdayaan Masyarakat.

Dr. Lukman Effendy, M.Si koordinator dosen pengampu matakuliah Pemberdayaan Masyarakat menuturkan tujuan praktikum ini adalah untuk menganalisis pemberdayaan yang dilakukan oleh pemerintah khususnya di wilayah BPP Cidahu.

“Output dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa dapat merencanakan program pemberdayaan sesuai dengan kebutuhan petani,”imbuhnya.

Koordinator BPP Cidahu Pita Patimah, SST menyambut baik kehadiran mahasiswa untuk belajar bersama penyuluh, penyuluh swadaya dan petani di Cidahu.

 “Program pemberdayaan di wilayah BPP Cidahu antara lain Upsus pajale, Luas Tambah Tanam (LTT), Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan (OPSIN), dan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL),” jelasnya.

Alumni Polbangtan Bogor lulusan 2003 ini menuturkan penyuluh swadaya juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat  melalui Pos Penyuluhan Desa (Posluhdes) dimana setiap Jum’at mengadakan penyuluhan dan penyediaan informasi pasar.

-Ar-