Rumah Zakat Adakan Pelatihan Kader Posyandu di Pamoyanan

BOGOR, WARTA BOGOR- Rumah Zakat melakukan Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu di Posyandu Melati RW 12 Pamoyanan dalam rangka Peningkatan Kapasitas Kader,pelatihan ini juga dihadiri ketua RT dan RW setempat. Posyandu merupakan bagian dari masyarakat karena dibentuk dari dan untuk masyarakat, oleh karena itu butuh perhatian khusus baik dari pemerintah maupun masyarakat pada umumnya ikut mensukseskan kegiatan-kegiatan Posyandu. Itulah beberapa alasan diadakannya pelatihan kader posyandu yang diadakan oleh fasilitator Desa berdaya pamoyanan (Rabu,11-07-2018)


Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan Elan Jaelani menjelaskan kepada WARTA BOGOR bahwa “Posyandu merupakan salah satu tempat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,memantau pertumbuhan dan perkembangan balita, sekaligus memberi imunisasi dan peningkatan gizi, serta penyuluhan dan konseling kepada segenap lapisan masyarakat yang ada di sekitar Posyandu. Untuk itu,Rumah Zakat berupaya membantu pemerintah dalam optimalisasi dan meningkatkan pengetahuan, wawasan serta ketrampilan para Kader Posayandu, melalui Pembinaan dan Pelatihan Kader Posyandu diharapkannya, para Kader yang mengikuti pembinaan dan pelatihan, dapat menjadi fasilitator dan dinamisator berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan, serta dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat”.


Lebih lanjut Elan mengataka upaya peningkatan mutu dan kualitas pelayanan di Posyandu, bukan hanya tugas dan tanggung jawab pemerintah dan para kader Posyandu saja, akan tetapi merupakan tugas dan tanggung jawab bersama semua pihak, yakni pemerintah dan seluruh lapisan warga masyarakat termasuk kami dari Rumah Zakat untuk terus membantu meningkatkan kafasitas kader agar tidak ragu lagi untuk terus membantu masyarakat”.

Rumah Zakat mengharapkan kepada semua pihak, agar senantiasa berupaya optimal mendukung dan memperhatikan Posyandu, untuk menunjang kelancaran dan keberhasilan berbagai program dan kegiatan yang dilaksanakan di Posyandu. Masyarakat yang berada disekitar Posyandu juga diharapkan ikut berkontribusi untuk mensukseskan berbagai program kesehatan dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan itu hadir juga ibu Dwi Muliati,ST pemateri dari Sekolah ibu dan aktif menjadi pendamping kader Posyandu mengatakan “ada beberapa hal yang harus diwujudkan dengan ikhlas oleh Kader Posyandu yaitu nterus menerus mendampingi dan melakukan penyuluhan kepada masyarakat tanpa bosan-bosan. Diantaranya yang terus menerus disampaikan kepada masyarakat yaitu proses persalinan ditangani oleh tenaga kesehatan, semua anak harus mendapatkan imunisasi yang lengkap, serta PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat).”

Selain Pelatihan ini,Rumah Zakat pun terus memberikan bantuan sarana prasarana yang dibutuhkan oleh oleh posyandu.