Dua Mahasiswa Polbangtan Bogor Lolos Seleksi Magang ke New Zealand

New Zealand Internship Dairy Farming activity merupakan kegiatan mandiri yang turut andil menyukseskan kerjasama antara Indonesia dan New Zealand dibidang Dairy Farming Development yang ditetapkan oleh Kementrian Pertanian melalui Direktorat Jendral Peternakan dan Kesehatan Hewan dalam kerjasama Indonesian Dairy Excellence Activity (IDEA) yang bertujuan untuk mengembangkan sapi perah di Indonesia.

Pada kegiatan tersebut dua mahasiswa  Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor lolos seleksi magang Dairy Farming ke New Zealand, mereka menyisihkan mahasiswa lain yang juga ikut dalam seleksi yang dilaksanakan di PT. UPBS Pangalengan selama lima hari, pada 27-31 Desember kemarin.

Kedua mahasiswa tersebut yakni Siti Nurlita dan Doni Abeng yang merupakan mahasiswa Jurusan Peternakan angkatan 2017 Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor. Kegiatan magang akan dilaksanakan bulan Januari hingga Mei 2021 bersamaan dengan kegiatan Tugas Akhir mereka.

Pada pelaksanaannya, seleksi magang dilakukan dalam tiga tahap yakni seleksi administrasi, wawancara dan praktik lapangan. Seleksi administrasi peserta diharuskan mengirimkan CV, surat kesehatan, surat rekomendasi, surat pernyataan, nilai TOEFL/IELTS, dan essay serta pada seleksi wawancara dan praktik lapangan penilaian meliputi attitude, inisiatif dan motivasi, kerjasama lapangan, skill, knowledge dairy farming, dan kesehatan. Peserta yang lolos akan berangkat magang ke New Zealand selama 4-6 bulan sesuai waktu yang ditentukan.

Peserta yang lolos seleksi akhir yakni tujuh orang atas nama Shabrina Riztia S2 kedokteran hewan UGM, Aisyah Purnama Sargi D3 Manajemen dan teknologi ternak IPB, Bagus Aji Sutrisno S1 Teknologi dan produk peternakan IPB, Amalia Tan Zulaikha S1 Peternakan UNHAS, Firdauzi Ongko Purwanto S1 kedokteran hewan UB, Siti Nurlita D4 Peternakan Polbangtan Bogor, Doni Abeng D4 Peternakan Polbangtan Bogor.

Seleksi dilakukan di sembilan divisi diantaranya Calves Maternity, Fresh Cow, Milking, Breeding, Hospital, Dry Cow, Hooftrim, Laboratory warehouse, Stable operator. Pelaksanaan seleksi selama 12 jam/hari dengan interval istirahat selama satu jam, dimulai pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. “Selama seleksi kami memberikan yang terbaik sesuai dengan kemampuan kami, etos kerja yang tinggi merupakan strategi utama kami untuk lolos, beruntungnya kami telah dibekali pengetahuan serta keterampilan di kampus” ujar Nurlita.

Suryo Firmanto selaku Manajer PT. UPBS sekaligus penanggungjawab seleksi tersebut mengatakan bahwa kegiatan magang nantinya  ditempatkan di peternakan Reza Abdul Jabbar peternak asal Indonesia yang sukses mengembangkan usahanya di Invercargil New Zealand. “Seleksi kali ini cukup berkesan karena mereka memiliki latar belakang dan mimpi yang berbeda sehingga dari proses wawancara hal tersebut sangat menarik untuk saya bahas,” tambah Suryo.

Ketua jurusan peternakan Arif Nindyo Kisworo mengucap syukur atas hasil tersebut, Arif mengatakan bahwa mahasiswa kita mampu bersaing diluar sana, improve skill dan knowledge bagi mahasiswa sangat diperlukan. “Melalui kegiatan ini diharapkan mereka dapat membawa dampak positif dalam pengembangan serta pembangunan dunia peternakan khususnya di Indonesia setelah mereka kembali nant,” ucap Arif penuh optimis..

Selain kegiatan magang, para peserta yang lolos seleksi dapat mengganti dengan kegiatan lain seperti karya ilmiah penugasan akhir, praktik kerja lapangan, penelitian dan lain-lain yang umumnya kegiatan tersebut tetap pada konteks Dairy Farming Activity. “Nantinya kami ingin berkontribusi lebih pada peternakan di Indonesia, kami harap kegiatan ini merupakan langkah awal dalam suksesi The development of dairy farming in Indonesia, terutama di sektor pengembangan sumber daya manusianya,” ucap Doni.

Reporter : D. Abeng

Editor : Ar