Gelar Parenting, Rumah Zakat Salurkan 240 Kaleng Kornet Superqurban

BOGOR-WARTABOGOR.id- Ibu-ibu di Desa Berdaya Pamoyanan serius mengikuti mengikuti parenting yang digelar oleh Rumah Zakat di Pusat Pelatihan Masyarakat (Puslatmas) Perpustakaan Sampah Desa Berdaya Pamoyanan.

Fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan, Elan Jaelani mengatakan kegitanan ini merupakan program Rumah Zakat yang rutin dilakukan sebulan sekali. ” Parenting kali ini menjadi spesial karena sekaligus ada penyaluran 240 Kaleng kornet Superqurban sehingga ibu-ibu menjadi sangat senang karena selain mendapatkan ilmu juga mendapatkan asupan gizi ditengah-tengah mahalnya harga daging” ucap Elan Jaelani, Selasa (18-12-2018).

“Kegiatan ini dilaksanakan karena mengingat fenomena pergaulan anak-anak saat ini sangat mendekati krisis moral, selain itu para orang tua juga belum mengerti apa yang dilakukan oleh anaknya karena ketidak tahuan maupun kurangnya kepedulian terhadap perkembangan pergaulan anak dengan cepatnya pengaruh media sosial”, tambah Elan.

“Alhamdulillah mendapatkan ilmu-ilmu baru dalam mendidik anak atas terselenggaranya kegiatan parenting ini, selain itu kita juga mendapatkan kornet Superqurban yang sangat praktis”, kata bu Ijah salah satu peserta parenting.

Paranting merupakan salah satu bentuk pembinaan masyarakat yang dilakukan Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan secara rutin satu bulan sekali, hadir sebagai pemateri yaitu ibu Feti Nariah salah seorang pementor Sekolah Ibu di Kota Bogor. Menanamkan akhlaq baik kepada anak-anak tidaklah mudah, orang tua harus menjadi tauladan dan tak lelah mengingatkan buah hatinya untuk bersikap baik dan berakhlak sesuai dengan ajaran agama Islam.

Salah satu tokoh dalam Al-Qur’an yang terkenal sangat baik ketika mengajarkan akhlaq Islam kepada anaknya adalah Lukmanul Hakim, ia merupakan lelaki biasa tetapi menjalankan tugas ayahnya yang sangat luar biasa. Lukmanul Hakim sangat berjasa dalam membangun peradaban dalam mendidik anak dengan prinsip-prinsip tauhid.

Sekurang-kurangnya ada enam nasihat yang diberikan Lukman kepada anak-anaknya, sangat penting bagi kita untuk meneladaninya.

  1. Jauhi syirik (QS Lukman : 13)
  2. Berbakti kepada orang tua (QS Lukman : 14)
  3. Setiap dosa akan dibalas oleh Allah SWT (QS Lukman : 14)
  4. Dirikan Shalat dan beramar ma’ruf nahi munkar (QS Lukman: 17)
  5. Ajaran untuk tidak sombong (QS Lukman : 18)
  6. Adab berbicara dan bersikap tawadhu (QS Lukman: 19)