Idul Adha Panen Domba di Desa Berdaya Pamoyanan

BOGOR-WARTABOGOR.id- Idul Adha tahun ini menjadi panen Kelompok Tani Dewasa (KTD) Berdaya Pamoyanan yang komoditas utamanya adalah ternak Domba dan Kambing. Setiap tahunnya khususnya di perkotaan penjualan domba dan kambing menjadi pemandangan yang mudah ditemui disudut-sudut kota, tak terkecuali di Desa Berdaya Pamoyanan yang terletak di Bogor Selatan.

“Dari Kelompok Tani Berdaya alhamdulillah terjual sesuai target tahun ini, yaitu empat ekor domba untuk qurban, mudah-mudahan tahun depan penjualan kami bisa tiga kali lipat.” kata Elan Jaelani fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan,Selasa (28-08-2018).

Idul Adha Panen Domba di Desa Berdaya Pamoyanan
Kelompok Tani Berdaya ini sudah mendapatkan SK Kelompok dari kelurahan dan Dinas Pertanian Kota Bogor, sehingga keberadaannya sudah diketahui dan diakui oleh pemerintah. Selain itu dari pihak kelurahanpun sudah berkunjung dan silaturahim ke lokasi ternak Domba yang berada di RW 12 Pamoyanan.

Dalam kesempatan lain pak Lurah pamoyanan memberikan apresiasi positif akan keberadaan kelompok Tani ini, pasalnya dengan adanya komoditas Domba maka bisa menambah data base pemberdayaan masyarakat.”sangat bagus dan kami dari kelurahan pamoyanan sangat mendukung kegiatan positif ini, semoga bisa mengangkat perekonomian masyarakat”.Ujar Pak Lurah Djojo.

Ada harapan besar dari wajah-wajah para petani di kelompok Tani Berdaya ini, pasalnya komoditas yang mereka kembangkan yaitu Domba berhasil sampai terjual sesuai target yaitu empat ekor Domba.” Kita bersyukur dan bisa bernafas lega alhamdulillah meskipun baru beberapa bulan domba bisa terjual sebagai target”. Kata Pak Maman anggota Kelompok Tani Berdya.

Di desa Berdaya Pamoyanan sudah jarang yang ternak domba maupun kambing, padahal setiap tahunnya bisa panen untuk kebutuhan qurban, bisa jadi karena lokasinya tidak memadai karena berdekatan dengan rumah penduduk lainnya, bisa jadi bau terhadap tetangga-tetangganya.

Dalam kesempatan lain, penyuluh pertanian berharap desa berdaya Pamoyanan menjadi sentra domba atau kambing, sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk mencari Domba jauh-jauh dengan harga murah, karena di Desa Berdaya paomyananpun sudah disiapkan.

Idul Adha Panen Domba di Desa Berdaya Pamoyanan