Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat Adakan Study Banding

BOGOR-WARTABOGOR.id- Kelompok Tani Berdaya binaan Rumah Zakat dengan komoditas utamanya Domba dan Kambing mengadakan study banding Pamoyanan Farm yang beralamat di RW 3 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan gambaran kesuksesan peternak domba mulai dari pelihara satu domba sampai ratusan domba.

Study banding ini merupakan Program lanjutan pelatihan ternak dari Masyarakat Tani Nusantara sebagai salah satu cara untuk peningkatan kapasitas kelompok, baik secara teknis maupun non teknis untuk membantu mempercepat kemajuan kelompok Tani Berdaya Pamoyanan.

“Kegiatan Study banding ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi anggota kelompok tani untuk berupaya dan mengembangkan usahanya kearah yang lebih maju”,Ungkap Elan Jaelani Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Jum’at (21-09-2018)

Elan juga mengatakan manfaat lain dari study banding ini adalah dapat mengadaptasi kegiatan usaha untuk diterapkan sendiri serta membantu pemenuhan sarana prasarana yang menunjang aktivitas peternak. Mereka melihat bagaimana ternak itu dikelola dengan baik di Pamoyanan Farm baik itu cara menyajikan pakan, memberikan pakan secara baik dan merawat kambing maupun domba.

“Bagus sekali dan bersih kandangnya,selain itu dombanya sehat-sehat. Kita banyak belajar dari kegiatan study banding ini”, kata Bani Supriatna salah seorang peternak yang ikut dalam rombongan study banding ini.

Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat Adakan Study Banding
Masyarakat Tani Nusantara memberikan kesempatan untuk para peternak yang merupakan binaan Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan untuk melakukan pelatihan, salah satunya saat ini yaitu melakukan kunjungan study banding ke Pamoyanan Farm yang fokus beternak domba maupun kambing.

Rumah Zakat di Desa Berdaya Pamoyanan melakukan pemberdayaan ekonomi baik agro maupun non agro, pemberdayaan ekonomi non agro di desa berdaya Pamoyanan ini yaitu dengan membantu para peternak domba maupun kambing agar memiliki jiwa bisnis yang kuat. Sebelumnya ternak domba itu hanyalah sebagai pekerjaan sampingan, kedepannya diharapkan menjadi alternatif tambahan pendapatan bagi penerima manfaat di desa ini khususnya yang beternak domba maupun kambing.
Kelompok Ternak Binaan Rumah Zakat Adakan Study Banding