Kepala BPPSDMP Buka Mabidama Polbangtan Bogor 2019

BOGOR-WARTABOGOR.id – Senin, (02/09), pukul 07.30 WIB, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian meresmikan kegiatan MABIDAMA (Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa Baru) Tahun Akademik 2019/2020, bertempat di kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)  Bogor. Ditandai dengan pemukulan gong, sekaligus penyerahan sertifikat Juara I Lomba International Competition and Summer Course Institut Pertanian Bogor (IPB) kepada Septian Permana Putra, Mahasiswa Polbangtan Bogor tingkat 3.

Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr., Kepala BPPSDMP, menjelaskan bahwa MABIDAMA adalah pondasi dasar bagi mahasiswa baru untuk membentuk sikap dan karakter jiwa yang baik, sehingga membentuk lulusan sebagai qualified job creator dan qualified job seeker, bermental baja, pekerja keras, pekerja cerdas, wirausaha muda pertanian yang profesional, sebagai generasi muda milenial pertanian, yang 30 tahun ke depan akan menjadikan Republik Indonesia sebagai lumbung pangan dunia pada tahun 2045, yang bertepatan dengan 100 tahun Indonesia merdeka.

Kepala BPPSDM Pertanian juga memotivasi mahasiswa Polbangtan Bogor dengan pertanyaan-pertanyaan, Apakah anda siap menjadi pemuda yang akan membangun pertanian? Apakah anda siap menjadi pelaku pertanian yang akan meningkatkan ekspor komoditi pertanian ke negara tetangga? Dan beberapa kata motivasi yang membangkitkan semangat serta ethos menjadi  Mahasiswa Polbangtan Bogor yang merupakan milenial tersebut.

MABIDAMA merupakan latihan yang mengandung nilai-nilai kepemimpinan, dan mahasiswa dididik dengan mental perilaku kedisiplinan yang tinggi, yang nantinya di harapkan menjadi peserta didik handal, berkarakter serta mampu menghadapi tuntutan dan aspiratif terhadap perubahan, juga diharapkan dapat menjadi sumber daya manusia pertanian yang profesional dan mempunyai kompetensi yang unggul. Seperti motto SDM unggul, Indonesia bisa maju, Aamiin Ya Robbal Alamiin.

Pada peresmian Mabidama Polbangtan Bogor, selain Kepala Badan PPSDM Pertanian dihadiri juga oleh Direktur Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI), para Dosen, Pegawai, dan Mahasiswa Polbangtan Bogor.

Editor : Ar dan HKC

Kontributor : Azhar