Luar Biasa! Mahasiswa Polbangtan Bogor Raih Dua Gelar Duta Muda Sehat Kota Bogor 2019.

BOGOR-WARTABOGOR.id –  Sebanyak 23 peserta berebut gelar menjadi Duta Sehat Remaja 2019 tingkat Kota Bogor di Mall BTM Kota Bogor, Selasa (30/11). Prestasi membanggakan diraih oleh dua mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang ikut pada kompetisi tersebut. Keduanya menjadi terbaik 1 dan terbaik 2 pada ajang tersebut. Mereka adalah Farnado Samosir sebagai juara 1 dan Fasha Maulana mendapat gelar juara 2. Mahasiswa semester 1 dan semester 3 Program Studi Agribisni Hortikultura Jurusan Pertanian ini masing-masing berhak mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 3.000.000,- dan Rp 2.500.000,-.

Fasha Maulana mengatakan bahwa kegiatan Duta sehat remaja ini dalam rangka untuk menciptakan generasi agen perubahan yang nantinya akan dapat membantu menyelesaikan masalah-masalah yang ada, khusunya di bidang kesehatan. Sehingga peran pemerintah serta masyarakat lainnya adalah untuk mendorong inisiatif pemuda. Seperti yang tercantum dalam deklarasi pemuda siaga, peduli kesehatan. “Bahwa pemuda dapat berperan sebagai motivator, penggerak, pelopor pembangunan kesehatan dan pelaksana kegiatan kesehatan,” ujar Fasha penuh semangat.

Kegiatan ini dilaksanakan rutin setiap tahun. Para juara beserta finalis nantinya didaulat  menjadi penggerak untuk kemajuan kesehatan kota Bogor. Momen ini dilakukan dalam rangka hari kesehatan Nasional ke 55 yang jatuh pada tanggal 12 November. Usia peserta dibatasi antara 17-24 tahun baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk tahapan seleksi ada tes tulis ada 20 soal tentang kesehatan secara umum, lalu wawancara wawasan mereka tentang kesehatan, lalu presentasi untuk memaparkan tentang kesehatan secara umum dan terakhir melihat CV track record. Itu nanti di total mana yang tertinggi seleksi, dimana dari 23 peserta kita pilih 3 pasang.

Untuk diketahui Duta Sehat Remaja sendiri di inisasi oleh Dinas Kesehatan Kota Bogor. Sementara untuk di wilayah Duta Sehat Remaja 2019 dinisiasi oleh Puskesmas. Di Bogor Selatan sendiri ada lima puskesmas yang menginisiasi kegiatan Duta Sehat Remaja.

Reporter: Fasha Maulana

Editor: Ar