Mahasiswa Polbangtan Bogor Raih Juara III Lomba Judging Ternak di Undip Semarang

BOGOR-WARTABOGOR.id – Mahasiswa  Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jurusan Peternakan berpartisipasi dalam kegiatan Temu Ilmiah Peternakan Nasional (TIMPINAS) 2019 di Universitas Diponegoro Semarang (24-27/10). Kegiatan TIMPINAS merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh Ikatan Senat Mahasiswa Peternakan Indonesia (ISMAPETI).

Tahun ini  Universitas Diponegoro menjadi tuan rumah kegiatan tersebut, hal ini bertepatan dengan kegiatan Dies Natalies Universitas Diponegoro yang ke 62. Kegiatan TIMPINAS merupakan wadah bagi seluruh mahasiswa peternakan yang ada di Indonesia untuk berkompetisi, berfikir kritis mengenai kondisi dunia peternakan yang ada di Indonesia yang dikemas dengan berbagai kegiatan perlombaan antara lain lomba debat, lomba karya tulis ilmiah, dan lomba judging ternak.

Polbangtan Pertanian Bogor yang telah menjadi anggota aktif ISMAPETI sejak 2 tahun yang lalu juga mengirimkan 7 mahasiswa dari jurusan peternakan. Habibi Syam, Liza Ramadhani dan Pratama Muflih berhasil lolos ke babak perdelapan final lomba debat yang sebelumnya telah mengikuti tahap penyeleksian bersama dengan puluhan tim dari universitas lain. Sayangnya  mereka belum lolos ke babak grand final dan belum berhasil membawa pulang piala lomba debat.

“Ini pengalaman yang baru untuk tim kami, dan untuk kampus kita. Kami bangga kami sebagai mahasiswa Polbangtan Bogor mampu bersaing dengan universitas ternama di Indonesia melalui kegiatan ini,” tutur Habibi Syam, ketua BEM sekaligus perwakilan tim debat Polbangtan Bogor di final lomba debat .

Kami mohon maaf karena belum bisa mempersembahkan yang terbaik untuk kampus, namun semoga dengan keikutsertaan kami dalam lomba debat di timpinas ini kami bisa menularkan energi positif kepada seluruh teman-teman mahasiswa Polbangtan Bogor agar lebih mempelajari seluruh aspek ilmu peternakan sehingga bisa membiat dunia peternakan Indonesia menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Perjuangan ke empat mahasiswa yang mengikuti lomba judging ternak (Aulia Fadliah, Ina Sofianti, Tyalif Gibran Takapaha, dan Diki Pranata) berbuah manis. berkat kemampuan ilmu tilik ternak yang dimiliki Aulia Fadliah tingkat 2 prodi Kesehatan Hewan Jurusan Peternakan, Polbangtan Bogor berhasil membawa pulang piala juara 3  lomba judging ternak dies natalis Universitas Diponegoro. Aulia mampu bertahan di posisi ke 3 dari total 57 peserta lomba judging ternak dari seluruh mahasiswa peternakan Indonesia yang hadir pada acara TIMPINAS ini.

Ketua Jurusan Peternakan, Dr. Arif Nindyo Kisworo, Msi memberi apresiasi atas prestasi mahasiswanya.

“Mahasiswa  harus mempelajari apa kelebihan dan kekurangan selama perlombaan. Sehingga dapat mengambil pelajaran untuk mempersiapkan diri dan tim agar lebih baik dan lebih siap menghadapi acara seperti ini ke depannya,” tutur Arif.

Reporter : Liza Ramadhani

Editor : Ar