Makanan – makanan yang Sering dikonsumsi,no.4 hati-hati

Saat ini, banyak sekali ragam makanan  untuk dikonsumsi. Serba mudah, serba instan, mengandung banyak gizi dan serba enak. Namun ternyata, walaupun halal, tidak semua makanan bisa bermanfaat untuk tubuh. Alih-alih menyehatkan tubuh, ketidaktahuan cara mengkonsumsi dan menyajikan makanan tersebut bisa saja berakibat fatal bagi tubuh.

Untuk mendapatkan kondisi fisik dan mental sehat, pastinya setiap orang akan berusaha menjalankan gaya hidup sehat, salah satunya dengan makan makanan yang baik untuk tubuh. Namun, tahukah Anda kalau ada jenis makanan yang selama ini seakan baik-baik saja jika dimakan, tapi ternyata berbahaya kalau secara terus-menerus dikonsumsi, atau salah cara menyajikannya. Berikut ini beberapa makanan yang bisa menjadi sampah sehingga menimbulkan penyakit bagi tubuh, yang tidak kita sadari sehingga  sering di konsumsi :

 

  1. Makanan kaleng

Saat malas masak, makanan kalengan menjadi salah satu alternatif makanan anti ribet. Walaupun tak perlu repot menyiapkannya, makanan kaleng mengandung pengawet yang tidak hanya  terkandung pada makanannya, tapi juga pada bahan kemasan kaleng itu sendiri. Kemasan kaleng makanan mengandung zat Bisphenol A yang dapat menyebabkan penyakit diabetes, serangan jantung, dan liver.

  1. Makanan awetan dan fast foods

Nugget, sosis, burger, pizza, dan mie instan memang selain rasanya lezat, memperoleh atau membuatnya pun cukup mudah. Namun jika terlalu sering mengkonsumsi makanan awetan, tubuh dapat mengalami obesitas dan kekurangan nutrisi. Tidak hanya itu, hanya itu, penyakit diabetes tipe 2 dan gangguan hati akan mudah menyerang tubuh.

Lezat memang, tapi jika mengetahui bahayanya seram! Junk foods (makanan-makanan sampah) seperti ini mempunyai efek yang sama seperti junk files (file sampah) di Handphone. Bahaya dan harus dimusnahkan!

  1. Goreng-gorengan

Makanan yang di goreng, apalagi jika menggunakan minyak sampai berulang kali dapat menyebabkan penyakit seperti radang tenggorokan, tekanan darah tinggi, hingga kolesterol. Hal tersebut merupakan resiko besar  yang dapat dialami oleh para penggemar makanan goreng-gorengan. Boleh mengkonsumsi makanan yang di goreng, hanya saja jangan terlalu sering dan tidak menggunakan minyak yang telah berulangkali digunakan, apalagi sampai setiap hari, karena hal itu berbahaya untuk kesehatan.

  1. Makanan yang terlalu matang atau dipanaskan berulang kali

Ketika ada makanan yang tidak habis, atau sudah dingin, kebanyakan orang akan memanaskannya  kembali agar lebih tahan lama atau hangat ketika akan dikonsumsi. Padahal hal itu tidak baik bahkan berbahaya karena akan merusak atau menghilangkan nutrisi dan protein yang terkandung didalamnya. Lebih berbahaya lagi kalau memanaskan kembali sayur bayam atau memasak bayam terlalu matang, karena zat besi yang dimiliki bayam akan berubah menjadi nitrit yang dapat memicu kanker.

  1. Makanan bersantan

Walaupun lezat, makan makanan bersantan seperti rendang, gulai, atau soto betawi dapat menyebabkan peningkatan kadar kolesterol. Hal itu disebabkan karena santan menyimpan banyak lemak jenuh yang menyebabkan kolesterol meningkat. Hati-hati ya!

  1. Saus sambal

Makan bakso, nasi goreng, atau mie ayam memang paling nikmat ditemani saus sambal. Tapi dibalik nikmatnya saus, terdapat cabai atau tomat yang sudah busuk. Berbagai macam obat kimia, pewarna, dan pengawet juga dimasukkan ke dalamnya agar saus dapat tahan lama. Terlalu banyak pengawet dan zat kimia dapat menimbulkan penyakit pada tubuh.

  1. Soft drinks (minuman ringan dan minuman manis)

Minuman dalam kemasan, mulai dari soda sampai teh siap minum ternyata tidak baik jika diminum secara terus-menerus. Selain pengawet, minuman-minuman ini juga mengandung perasa dan pemanis buatan. Jika setiap hari mengonsuminya, maka dapat meningkatkan resiko terkena diabetes akan. Lebih baik meminum air putih atau membuat teh dan jus sendiri yang alami dan menyehatkan.

Nah, sudah tahu kan bahayanya makanan dan minuman di atas. Sebaiknya mulai sekarang kita harus mengurangi makan makanan seperti itu atau bahkan berhenti sama sekali. Makanan sampah ini sama seperti sampah pada smartphone, jika terus dibiarkan menumpuk akan semakin gawat dan membuat fungsi smartphone terganggu.

Jika kita sudah menjalani hidup sehat tanpa makanan-makanan itu, kesehatan tubuh dan sistem imun akan meningkat, selayaknya gadget yang jadi gak lemot lagi karena junk files yang sudah dimusnahkan.

#Makanan baik pola hidup sehat

#Enak bergizi alami

[er]