Panen Raya Jagung di Sukabumi

SUKABUMI-WARTA BOGOR-Relawan Inspirasi Rumah Zakat menghadiri panen raya jagung, yg berlokasi di kp. Cibadak desa sagaranten kec. Sagaranten kab. Sukabumi, luas lahan yg dipanen hari ini 1 Ha dengan jumlah 10 orang Penerima Manfaat (11/07/2018)

“Ini salah satu program pemberdayaan eknomi agro yg dilaksanakan di Desa Binaan Rumah Zakat yaitu di desa Sagaranten Sukabumi, di desa ini sangat potensial untuk mengembangkan pertaian selain masyarakatnya sudah biasa bertani dan juga ditunjang dengan lahan yg cukup memadai, apalagi jagung selain mudah budidayanya dan mudah juga pemasarannya”Kata Kang Solihin,Relawan Indpirasi Rumah Zakat.


“Sehingga masyarakat Sagaranten sangat respon terhadap program budidaya jagung ini, apalagi setelah adanya bantuan modal dan pendampingan dari Rumah Zakat bisa meningkatkam penghasilan parat petani jagungnya”tambah kang Solihin.

Jagung merupakan salah satu komoditas bahan makanan pokok alternatif di Indonesia,tetapi bahan makanan ini para petani yang mengembangkannya masih terbatas,sehingga pemerintah masih menimpor dari luar negeri,padahal lahan pertanian masih luas.

Menurunnya minat masyarakat tidak hanya di Sukabumi,tetapi di daerah-daerah lainpun menurun,adanya bantuan dan pendampingan dari Rumah Zakat di Sukabumi membuat para petani semangat kembali untuk menanam jagung,ini bisa dirasahan dari senyum mereka saat panen raya.

Jagung relatif mudah untuk ditanam dan tahan panas,sehingga masyarakat bisa mengembangkan pertanian jagung ini tanpa harus banyak air untuk menyiram,selain untuk bahan makanan pokok,jagung juga sering digunakan untuk bahan makanan ternak seperti ayam dan lain sebagainya.

“Kami senang sekali dan berterima kasih kepada Rumah Zakat yang sudah membantu para petani di Kampung kami,sehingga bisa menanam jagung lagi setelah sekian lama tidak menanam karena kendala modal,bibit dan pupuk”kata salah satu penerima manfaat.

Pemberdayaan Ekonomi Agro sangat cocok dikembangkan di Sukabumi,selain lahan yang masih luas juga tanahnya subur dan cocok untuk menanam jagung. Pemerintah setempatpun sangat mendukung Rumah Zakat dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah sagaranten khusunya,kehadiran Relawan Inspirasi Rumah Zakat dalam beberapa tahun ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Desa Berdaya.