Penyuluh Pertanian Kukuhkan Kelompok Tani Berdaya Pamoyanan

BOGOR-WARTA BOGOR- Kelompok Tani Berdaya Pamoyanan resmi dikukuhkan oleh penyuluh Pertanian Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor, pengukuhan ini berlangsung di lokasi pemancingan Kp. Nagrog RT/RW.001/012 Kelurahan Pamoyanan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor dalam suasana yang sejuk dengan semilir angin khas di perkebunan atau pesawahan, meskipun lokasinya di Kota Bogor tetapi suasana desanya masih terasa karena lokasi ini dipakai untuk pemancingan dengan pemandangan pegunungan (Jum’at 13-07-2018)


Dalam acara peresmian atau pengukuhan ini hadir sekretaris kelurahan Pamoyanan Bapak Sukarto,” dalam hal ini kami dari kelurahan sangat mendukung dengan adanya kelompok tani/ternak ini, kalau bisa semua RW ada kelompok tani/ternaknya” kata pak Sukarto. ” Dengan adanya peran masyarakat seperti ini membantu pemerintah juga untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakt” tambahnya.

Penyuluh pertanian yang selalu mengawal aspirasi serta kebutuhan dari kelurahan, setelah itu dibahas dan diajukan ke kecamatan, kota maupun tingkat nasional. Selain memberikan motivasi, arahan dan juga memberikan pelatihan berupa manajemen keuangan dan peluang pasar kambing maupun domba khususnya di Kota Bogor. Pada acara pengukuhan kelompok tani berdaya ini dari penyuluh pertanian diwakili oleh ibu Ema Mursyida, pak Agus Faisal dan pak Imam Hanafi.


Bu Ema membacakan dfraf pengukuhan kelompok tani berdaya serta susunan pengurusnya sesuai dengan hasil rapat pengurus kelompok ternak bulan Mei lalu, sedangkan pak Agus faisal memberikan pelatihan manajemen keuangan dan peluang pasar Domba maupun kambing ” Domba dan kambing itu pasarnya luas bisa ofline maupun online,setiap ketemu orang kenalan lalu bilang kita punya domba, siapa tau mereka sedang membutuhkannya, selain itu yang sedang trend sekarang adalah pasar online yang sangat luas bisa menjangkau seluruh Indonesia” kata pak Agus.

Pada ujung acara pak Imam hanafi memberikan gambaran bagaimana kesuksesan kelompok tani lainnya di Kota Bogor”banyak kelompok tani dibentuk tapi yang bergerak sangat sedikit,di Pamoyanan kalau sudah ada yang menanyakan tepung mocav maka akan membawanya ke Pamoyanan, itulah salah satu contoh suksesnya promosi dan perjuangan untuk mengenalkan ciri khas-ciri khas produk kelompok tani kita.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat Elan Jaelani berterima kasih kepada pak Sekretaris Lurah Pamoyanan serta para penyuluh pertanian yang telah menyempatkan waktunya untuk datang, mengukuhkan serta memberikan pelatihan kepada anggota kelompok tani Berdaya Pamoyanan.

One thought on “Penyuluh Pertanian Kukuhkan Kelompok Tani Berdaya Pamoyanan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *