Wed. Jan 22nd, 2020

Peserta Didik PKBM Tunas Mekar Bogor dilatih Membuat Ecobrick

BOGOR-WARTABOGOR.id-Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Tunas Mekar Bogor menggelar kegiatan edukasi lingkungan,mengenal sampah,membuat Ecobrick,pemilahan sampah sekaligus pengenalan Bank Sampah yang dilaksanakan pada saat LDK dan Family Gathering di Villa Lembah Winara Bendungan Bogor,Sabtu (11/01).

Kegiatan pelatihan ini dipandu oleh tim Ecopedia Foundation yaitu Kang Darga dari Bank Sampah Barokah, Kang Elan dari Perpustakaan Sampah dan Kang Gigin dari Komunitas Ecobrick Bogor, kegiatan ini diikuti oleh peserta didik, guru dan pengurus Yayasan.

Pelatihan pengelolaan sampah secara mandiri ini disambut dengan antusias oleh peserta, materi diawali oleh pemutara video dari kondisi alam saat ini, kemudian penyampaian materi pengenalan sampah, bank sampah, cara membuat ecobrick dan dicairkan dengan game serta ice breaking.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada tim Ecopedia Foundation yang telah sharing dengan kami mengenai pengelolaan sampah, karena sampah ini ternyata bisa menimbulkan bencana yang disebabkan adanya kerusakan alam, tetapi juga bisa menjadi berkah apabila kita mau mengelolanya. Semoga setelah ini PKBM Tunas Mekar menjadi pelopor dengan terealisasi Bank Sampah di Kelurahan Sindang Sari” ungkap Ahmad Rekiyandi, Ketua PKBM Tunas mekar.

Narasumber menjelaskan bahwa salah satu solusi yang paling mudah untuk mengurangi tumpukan sampah plastik serta meminimalisir keluarnya sampah dari rumah tangga atau sekolah adalah dengan membuat Ecobrick.

Ecopedia Foundation merupakan lembaga yang selama ini fokus bergerak dibidang lingkungan khususnya sampah,Ecopedia pun mempunyai 3 program utama yaitu 3E (Edukasi, Ekologi dan Ekonomi). Program-program tersebut sangat erat kaitannya dengan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.