Sat. Jan 25th, 2020

Polbangtan Bogor Adakan Seminar Nasional Mahasiswa

BOGOR-WARTABOGOR.id – Seminar Nasional untuk kalangan mahasiswa dilaksanakan untuk pertama kalinya di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogo, Rabu (13/11). Tema yang diangkat dalam seminar ini adalah “Peran Generasi Milenial dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0”. Seminar dilakukan untuk memacu para mahasiswa untuk meneliti, menulis artikel ilmiah, serta mempresentasikan dan mempublikasikan di buletin ilmiah.

Sebanyak 56 artikel ilmiah yang diterima untuk disajikan dalam seminar nasional ini dengan asal institusi selain Polbangtan Bogor adalah Polbangtan Medan, Sekolah Vokasi IPB, Universitas Trilogi, dan Universitas Padjadjaran. Acara dibuka oleh Kepala Bagian Administrasi Akademik, Kemahasiswaan, dan Alumni Polbangtan Bogor, Bp. Ir. Iwan Patria, MM. Sebelum diskusi panel, peserta mendapatkan materi dari narasumber yaitu Bp. Arya Widura Ritonga, SP., M.Si yang merupakan dosen Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian, IPB University dan Bp. Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt, M.Sc yang merupakan dosen Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan, Fakultas Peternakan, IPB University.

Judul pemaparan yang disampaikan oleh Bp. Arya Widura Ritonga adalah Generasi Milenial untuk Pertanian. Sebagai pembicara yang mewakili generasi milenial, beliau banyak memberikan motivasi dan inspirasi kepada mahasiswa tentang perkembangan teknologi pertanian di era industri 4.0 skill apa saja yang harus dipersiapkan dalam menghadapi era yang semakin maju. Beliau juga menekankan penguasaan teknologi memang diperlukan, tetapi mahasiswa juga harus memegang nilai-nilai berkehidupan seperti bekerja keras dan disiplin, jujur dan religius, dan sabar dan syukur. Selain itu, dosen yang juga memiliki kompetensi di bidang genetika tanaman, beliau juga menampilkan tren-tren terkini dan varietas-varietas baru yang telah dilepas oleh IPB.

Bp. Dr. agr. Asep Gunawan, S.Pt, M.Sc yang berasal dari Fakultas Peternakan  menyampaikan bahwa pengembangan ternak pedaging fungsional dapat dilakukan melalui peningkatan mutu genetik ternak. Lewat paparan yang berjudul “Aplikasi Precision Genomic dalam Mendukung Pemuliaan Ternak di Indonesia”, beliau menjelaskan tentang pengembangan peternakan di Indonesia untuk mendukung revolusi industri 4.0 dapat dilakukan melalui peningkatan mutu genetik ternak. Indonesia dengan wilayah yang luas memiliki keragaman ternak yang tinggi sehingga harus dioptimalkan agar Indonesia dapat memenuhi kebutuhan daging dalam negeri. Selain itu, beliau juga memotivasi mahasiswa Polbangtan untuk tidak henti belajar dan mencintai pertanian karena generasi mahasiswa saat ini yang akan memegang peranan penting di Indonesia 10 tahun yang akan datang.

Setelah sesi diskusi, seminar dilanjutkan dengan sesi parallel yang dipandu oleh moderator. Mahasiswa kemudian mempresentasikan tulisan ilmiahnya masing-masing dan dinilai oleh moderator. Kemudian acara dilanjutkan ke pengumuman presenter terbaik yang jatuh pada mahasiswa Program Studi Kesehatan Hewan di bawah bimbingan Dr. drh Endang Endrakasih, MP yaitu Liza Ramadhani dengan judul tulisan “Ekstrak Jahe (Zingiber officinale) dan Madu sebagai Pengawet Alami Susu Pasteurisasi”. Seminar nasional ditutup oleh Ibu Wakil Direktur I, Dr. Tri Ratna Saridewi, SPi., M.Si. Beliau menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa yang sudah giat melalukan percobaan dan menulis karya ilmiah. Beliau juga berharap acara ini akan menjadi agenda rutin tahunan di Polbangtan Bogor.

Reporter : Annisa Nur Ichniarsyah

Editor : Ar