Mon. Jan 27th, 2020

Polbangtan Bogor Adakan Sosialisasi Kostratani di Kabupaten Sukabumi

SUKABUMI-WARTABOGOR.id –  Mentan Syahrul Yasin Limpo telah memperkenalkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern di Indonesia melalui Kostratani, yaitu dengan memperkuat Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) melalui teknologi 4.0 untuk mewujudkan kedaulatan pangan nasional.

Rabu (15/01) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor melaksanakan sosialisasi Kostratani di Kabupaten Sukabumi. Acara bertempat di Aula Sekretariat daerah Kabupaten Sukabumi, dihadiri oleh Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian (Kapusluhtan) BPPSDMP Kementan, Bupati Sukabumi, Kepala Dinas Tanaman pangan dan Hortikultura Provinsi Jawa Barat, Kepala BPTP Provinsi Jawa Barat, seluruh kepala dinas terkait, bank, kepala UPTD, kepala BPP, dan undangan lainnya.

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami membuka acara secara resmi. Dirinya berharap program ini dapat mendorong meningkatnya seluruh potensi di Kabupaten Bogor.

Kapusluhtan  Leli Nuryati didampingi Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo, menyampaikan materi tentang Kostratani. Dirinya menjelaskan secara rinci Program Kostratani mulai dari peran, tujuan, strategi, organisasi pelaksana, sampai alokasi dan jadwal palang kegiatan.

“Program ini membutuhkan sinergi semua pihak, saya berharap semua pihak bahu membahu membangun pertanian di Sukabumi dengan menyukseskan gerakan Kostratani,”  tutur Leli.

Di sela-sela penyampaian materi, dilaksanakan teleconference dengan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangana SDM Petanian (BPPSDMP) Prof. Dedi Nursyamsi menyapa para penyuluh, petani hingga bupati di Sukabumi langsung melalui Agricultural War Room (AWR) yang terhubung lebih dari 400 Kostratani di kecamatan, 100 kostrada di kabupaten, dan 34 kostrawil di seluruh provinsi Indonesia.

“Sukabumi sangat potensial untuk Agrowisata, kita bisa bangun bersama agrowisata andalan dari Sukabumi. Kita juga sediakan KUR dengan bunga rendah 6% tanpa anggunan untuk pinjaman dibawah 50 juta, dan kita support hingga mampu ekspor dengan produk berkualitas secara berkelanjutan,” tutur Kepala Badan.

Dukungan Kepala Badan seolah memberi angin segar bagi masyarakat Sukabumi, bahkan disambut dengan tepuk tangan meriah oleh Bupati dan seluruh peserta yang memenuhi Aula Setda Kabupaten Sukabumi. Di akhir acara dilaksanakan penandatanganan Deklarasi Kostratani Kabupaten Sukabumi oleh Bupati Sukabumi dan Direktur Polbangtan Bogor yang disaksikan langsung Kapusluhtan.

Reporter : Arif Prastiyanto

Editor : Ar