Sun. Jan 26th, 2020

Polbangtan Bogor Garap Desa Mitra dengan Konsep Baru

BOGOR-WARTABOGOR.id – Salah satu misi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor adalah menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi. Pengabdian adalah dharma ketiga yang selalu dilaksanakan oleh Polbangtan Bogor melalui pembinaan desa mitra.

Tahun ini Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM)Polbangtan Bogor mengusung model pembinaan desa mitra melalui Program Aksi Pemberdayaan Terpadu yang melibatkan berbagai stakeholder mulai dari unsur akademis, pemerintah, praktisi dan petani.

Setelah beberapa waktu dilaksanakan survey lokasi desa mitra, Rabu 05/02 digelar perencanaan partisipatif dengan seluruh kelompoktani dan unsur Pemerintah Daerah di Desa Lemah Duhur Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Tema yang diangkat adalah Strategi Perencanaan Agribisnis Pedesaan dan Penguatan Kapasitas Kelompoktani melalui Rapid Rural Apraisal (RRA). Metoda RRA digunakan untuk pengumpulan informasi secara akurat dalam waktu yang terbatas ketika keputusan tentang pembangunan perdesaan harus diambil segera.

Menurut Ketua UPPM Polbangtan Bogor, Dr. Dayat  bahwa pengabdian ini adalah bentuk karya nyata dari Tri Darma Perguruan Tinggi. Selanjutnya Dayat menekankan perlunya sinergisme antar penanggung jawab program pemberdayaan, karena program pemberdayaan adalah multi disiplin.

“Kami melakukan  analisis sosial, identifikasi kedinamisan kelompoktani, dan analisis pemecahan masalah.  Out put dari kegiatan ini adalah tersusunnya Program Aksi Pemberdayaan Terpadu,” jelas Dayat.

Dayat juga mengatakan, untuk membangun peran serta Kementerian/Lembaga/Pemda serta kalangan DuDi (Dunia Usaha dan Dunia Industri), akan dilaksanakan workshop  pertengahan bulan ini. Operasional kegiatan segera dimulai akhir Maret 2019.

-Ar-