Sun. Jan 26th, 2020

Polbangtan Bogor Gelar Seminar Metodologi Penelitian

BOGOR-WARTABOGOR.id –  Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar Seminar Metodologi Penelitian bagi dosen dan mahasiswa Jurusan Pertanian selama dua hari, (11-12/11) di kampus Cibalagung. Seminar terbagi dalama tiga lokasi dengan masing-masing diikuti oleh dosen dan mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB), Agribisnis Hortikultura (AGH), dan Teknologi mekanisasi Pertanian (TMP).

Ketua Jurusan Pertanian, Rudi Hartono, SST., MP menuturkan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dosen dan mahasiswa dalam meneliti sesuai dengan masing-masing prodi.

“Prodi PPB menghadirkan narasumber Prof. Dr. Ir. Sumardjo, MS, Departemen Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat Fakultas Ekologi Manusia IPB University, sedangkan Prodi AGH menghadirkan narasumber Prof. Dr. Muhammad Firdaus dan Arya Widura Ritonga, SP., M.Si,” imbuhnya.

Selanjutnya, Rudi menambahkan bahwa Prodi TMP menghadirkan narasumber Dr. Ir. Wawan Hermawan, MS.

Menurut Ketua Prodi PPB, Ait Maryani, SP., M.Pd., dilibatkannya mahasiswa pada seminar ini karena sebagai bagian dari perkuliahan khususnya mahasiswa semester V.

“Kami ikutkan mereka sebagai bahan pengayaan matakuliah Teknik Penulisan Ilmiah yang sedang mereka ambil,” imbuhnya.

Salah satu narasumber dari IPB University, Prof. Dr. Ir. Sumardjo, MS memberikan materi tentang metode penelitian penyuluhan terapan. Menurut Sumardjo, ada tiga tantangan yang akan dihadapi pada riset penyuluhan ke depan.

“Tantangan pertama adalah antisipasi perubahan-perubahan yang terjadi (human capital, social capital, natural capital),” tuturnya.

“Adapun tantangan kedua adalah kondisi perilaku stakeholders penyuluhan,” lanjutnya.

Menurut Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia IPB University ini, tantangan ketiga adalah perilaku adaptasi terhadap kehidupan dan dinamika perubahan lingkungan (sosial, ekonomi, dan lingkungannya).

Reporter : Arif Prastiyanto

Editor : Ar