Polbangtan Bogor Jajaki MoU dengan UNOSSC

BOGOR-WARTABOGOR.id-  Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor Jurusan Peternakan menerima kunjungan dari  perwakilan United Nations Office for South-South Cooperation (UNOSSC) atau publik mengenalnya sebagai salah unit dari PBB yang mengelola Kerjasama Selatan Selatan pada Rabu, 22/01/2019.

Ketua Jurusan Peternakan, Arif Nindyo Kisworo mengatakan, bahwa kunjungan ini bertujuan untuk penjajakan kerjasama antara lembaga Jurusan Peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor dengan United Nations Office for South-South Cooperation dalam lingkup yang meliputi riset biogas dan pengabdian di masyarakat.

“Jadi tadi kita sudah mengobrol dan kemudian ke lapangan, pihak UNOSSC tertarik, dan berjanji akan ada kerjasama untuk pengabdian masyarakat yang bentuknya pendampingan dari mahasiswa bersama dengan dosen dari kita untuk menggerakkan masyarakat” imbuhnya.

Arif menjelaskan, bahwa riset biogas akan diadakan di Jurusan Peternakan dengan sistem biogas milik UNOSSC yang menggunakan pengaduk otomatis dan dibantu oleh sel surya, jadi riset dilakukan dengan menggunakan teknologi yang tinggi, bukan hanya biogas sederhana, sehingga mahasiswa juga dapat melaksanakan praktik lebih lanjut tentang biogas dengan alat yang lebih modern.

“Hasil riset inilah yang nantinya akan diimplementasikan di masyarakat lewat pendampingan. Pendampingan ini direncanakan pada bulan Juni mendatang yang bertempat di Desa Karangpapak, Kecamatan Cisolok Kabupaten Sukabumi” Ujar Arif

Arif menambahkan bahwa Setelah kunjungan ini, akan ada kunjungan lagi dari pihak UNOSSC pada bulan maret mendatang guna perumusan MOU untuk pelaksanaan riset dan pengimplementasian pengabdian di masyarakat

“Kita harus mengimplementasikan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang mana merupakan 3 pilar yang harus dijalankan oleh dosen dan mahasiswa. Ditambah lagi, target kita yang memang ingin menjadi politeknik skala internasional, sehingga kerjasama ini merupakan suatu tahap awal dalam mencapai target” Tambah Arif.

-Ar-