Sun. Jan 26th, 2020

Polbangtan Bogor Ungkap Trik Menjadi Eksportir Milenial pada Temu Wirausahawan Muda Pertanian

BOGOR-WARTABOGOR.id – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor sukses menggelar Temu Wirausahawan Muda Pertanian Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP) Koordinator Wilayah (Korwil) Polbangtan Bogor di Royal Safari Garden, Selasa – Rabu (19-20/11). Acara yang bertajuk Link and Match PWMP dengan Dunia Industri menghadirkan sekitar 400 peserta dari siswa, mahasiswa dan alumni Polbangtan Bogor, perguruan tinggi mitra, SMK Pertanian, dan Pondok Pesantren.

Koordinator Acara, Sri Hardanti menuturkan bahwa dirinya telah mengundang 12 lembaga/instusi yang bergabung dalam kegiatan PWMP untuk mempresentasikan kegiatan wirausaha sambil memamerkan usahanya.

Wanita yang akrab dipanggil Cici ini menjelaskan bahwa keduabelas institusi tersebut adalah IPB University, Unpad, Unsri, Unila, Polinela, Untirta, Unsil, SMKN 65 Jakarta, SMKPP Lembang, SMKPP Tanjungsari, SMKPP Cikole, dan Ponpes Miftahul Jannah Bekasi.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP membuka acara secara resmi. Usai membuka acara, dirinya memberikan materi tentang motivasi bagi wirausahwan muda pertanian. Dalam paparannya, Siswoyo menuturkan bahwa sebagai wirausahawan tidak boleh cengeng dan mudah menyerah.

“Contohlah mereka yang memilki keterbatasan, tapi tak pernah mengenal kata menyerah untuk berjuang meraih sukses,” tutur Siswoyo sambil menunjukkan kisah-kisah motivasi di sela-sela presentasinya.

Peserta mendapatkan coaching clinic dari ekportir muda, Hendra Hidayat dalam sesi “Trik Menjadi Eksportir Milenial”.

“Mari kita tumbuh dan kembangkan PRIDE; yaitu Passion (semangat), Respect (menghormati), Integrity (integritas), Determination (kegigihan), dan Exclencce (keunggulan),” ujar Hendra memberi motivasi para peserta.

Acara puncak diisi dengan sesi Youth Agripreneur Meet Agroindustries, bertajuk “Colaborations between Youth Agripreneur, Industries, Agriculture Instructor and Digital Media on Enterpreneurships”

Narasumber yang hadir diantaranya Frisian Flag, KIBIF, I-Grow, CEO Eptilu, SEO Waluya Wijaya Farm, PT. East West Seed Indonesia, dan Penyuluh Berprestai tingkat Nasional dari Bogor Evrina Budiastuti. Dipandu oleh Wakil Direktur III, Wida Pradiana memimpin jalannya acara yang dilaksanakan dengan format panel.

Acara berjalan sangat menarik. Usai narasumber bergantian menyampaikan materinya, banyak pertanyaan dari peserta yang diajukan.  Setelah penutupan, para peserta berkesempatan  foto dengan narasumber.

Reporter: Arif Prastiyanto

Editor: Ar