Rumah Zakat Bantu Sarana & Prasarana Posyandu

BOGOR-WARTABOGOR.id-Mimpi kader Posyandu Melati RW 12 Kelurahan Pamoyanan menjadi kenyataan, akhirnya sarana & prasarana Posyandu bisa terpenuhi mulai dari timbangan digital, lampu sampai dispenser. Semua ini dari Rumah Zakat yang selama ini selain membantu sarana prasarana juga memberikan pelatihan untuk meningkatkan kapasitas kader Posyandu.

“Alhamdulillah ya semmenjak adanya support dari Rumah Zakat kita para kader posyandu semakin pintar, ikhlas melayani masyarakat & sarana serta prasarana posyandu semakin lengkap”, kata bu Luki saat ditemuai hari Selasa,04-12-2018.

Elan Jaelani, Relawan Inspirasi Rumah Zakat dan sekaligus sebagai fasilitator Desa Berdaya Pamoyanan menjelaskan bahwa bantuan sarana prasarana serta peningkatan kapasitas kader Posyandu ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. ” Kader posyandu Melati RW 12 semakin semangat untuk melayani masyarakat setelah kita berikan pelatihan-pelatihan yang pematerinya dari PKK Kota Bogor & Pegiat sosial lainnya, selain itu mereka juga diberi bantuan sarana & prasarana untuk mendukung pelayanannya dan Pemberian Makanan Tambahan kepada pengunjung Posyandu khususnya balita.

Posyandu terus berupaya menjadi garda terdepan dalam memberikan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat, inilah sebagai bentuk dukungan Rumah Zakat agar kapasitas kader semakin meningkat dan sarana prasarananya semakin memadai. Selain itu posyandu juga masih membutuhkan meja dan kursi yang lebih memadai untuk kader dalam melakukan penyuluhan dan pencatatan hasil penimbangan.

Tak kalah pentingnya juga adalah pengadaan tempat tidur periksa yang memadai, meskipun saat ini sudah ada tapi kurang nyaman. Tempat tidur ini dibutuhkan untuk pemeriksaan yang sakit, ibu hamil maupun nifas.

Elan mengungkapkan selain menjadi fasilitaor untuk memberikan bantuan dari Rumah Zakat ke Posyandu, juga mendorong pemerintah dan masyarakat setempat agar sama-sama memperhatikan Posyandu khususnya mengenai dana sehat. Pengembangan Posyandu menjadi tanggung jawab kita semua, karena posyandu sendiri adalah milik masyarakat. Sehingga Dana Sehat dan pengembangan kapasitas kader Posyandu adalah tanggung jawab kita bersama.

Respon Kelurahan Pamoyanan sangat bagus, sehingga menyarankan semua RW mendukung dan membantu kelancaran kegiatan Posyandu di RW masing-masing, dengan demikian akan semakin ringan dalam melakukan pelayanan kepada masyarakat.