Rumah Zakat Gulirkan Program Ternak Berdaya

SUKABUMI-WARTA BOGOR-Mengutip sebuah peristiwa di masa keemasan Islam, dalam suatu perbincangan dengan para sahabatnya, Rasulullah Muhammad SAW bertutur: “ _Semua Nabi pernah menggembala kambing_ ”. Seorang sahabat kemudian bertanya, “ _Engkau sendiri bagaimana, Ya Rasul_?”. “ _Aku pernah menggembala kambing_”. Jawab Nabi.

Sementara itu, ada pepatah yang cukup familiar di dunia peternakan, “Negeri yang kaya ternak, tidak pernah miskin, negeri yang miskin ternak, tidak pernah kaya” (Campbell dan Lasley, 1985).

Namun pepatah ini faktanya seperti angin lalu bagi usaha ternak domba/kambing. Pasalnya sampai saat ini, usaha ternak domba dan kambing masih didominasi oleh skala kecil.

Tentunya kondisi eksisting tersebut menggambarkan usaha ternak domba dan kambing masih dikelola sebagai usaha sampingan dan pengelolaannya masih jauh dari prinsip good farming practices (GAP).

Didasari pemikiran di atas, Yayasan Masyarakat Tani Nusantara (MTN) yang berada di bawah naungan Rumah Zakat menggulirkan Program Peternak Berdaya di Desa Pasiripis Kecamatan Surade (Senin,23-07-2018)

Program Pemberdayaan yang merupakan sebuah upaya untuk mendongkrak kemandirian ekonomi di selatan Kabupaten Sukabumi, yang saat ini digawangi oleh Endi Saputra, Relawan Inspirasi Rumah Zakat.

Pada program ini, MTN menyalurkan bibit domba garut betina siap bunting sejumlah enam ekor kepada tiga orang penerima manfaat, mereka adalah Pak Wahid, Pak Jana dan Pak Supardi. Masing-masing menerima dua ekor domba.

“ Program ini tujuannya lebih kepada budi daya, yaitu menghasilkan keturunan domba dengan ras unggul sehingga memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi._” Ujar Endi dalam sebuah kesempatan.

“Kedepan, selain budi daya program ini memungkinkan berkembang ke sektor penggemukan, kita evaluasi dalam satu tahun ke depan_” pungkasnya Endi

Saat dihubungi WARTA BOGOR,Kang Endi Relawan Inspirasi Rumah Zakat melalui program Desa Berdaya terus berupaya untuk menggali potensi yang ada di Desa Berdaya tersebut,sebut saja Desa Berdaya Pasiripis disana ada kang Endi yang tak bosan-bosannya untuk bersilaturahim & mengembangkan usaha-usaha baik agro maupun non agro.

Selain ternak di Desa Berdaya Pasir Ipis juga mendampingi masyarakat dalam program lainnya.(En)