Sanggar Kegiatan Belajar Kota Bogor Adakan Pelatihan Pengelolaan Sampah

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sampah menjadi sebuah masalah yang mendapatkan perhatian agar ditangani secara serius dan berkelanjutan. Mengingat jumlah sampah yang setiap tahun bahkan setiap harinya selalu meningkat, oleh karena itu pengelolaan sampah yang baik harus dimulai dari akar rumput (rumah tangga).

Untuk itu Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Bogor mengundang Komunitas Ecobrick Bogor untuk mengadakan pelatihan pengelolaan sampah kepada anak-anak PAUD beserta orang tuanya, karena menyadari bahwa belajar memilah sampah harus dimulai sejak dini, dalam peatihan ini hadir mengisi materi yaitu Kang Gigin, Kang Elan dan Kang Darga.

“Kami berharap dengan mengadakan pelatihan pengelolaan sampah kepada anak-anak PAUD ini agar mereka terbiasa untuk memilah sampah, selain itu ibu-ibunya juga kita berikan pelatihan agar mereka juga mau memilah sampah di rumahnya” imbuh ibu Hj. Ida Widayanty, SE, M.Pd, Pamong Belajar UPTD SPNFS SKB Kota Bogor, Rabu (16/10).

“Pencemaran yang diakibatkan sampah dan upaya untuk menanggulanginya telah menjadi agenda global, kita di Indonesia harus bertindak mengambil peran untuk mengelola sampah yang kita hasilkan sehari-hari di lingkungan paling kecil” kata Kang Elan.

“Salah satu cara pengelolaan sampah adalah melalui bank sampah, setiap RW diharapkan ada bank sampah untuk menjadikan sampah lebih bernilai dan bermanfaat”kata kang Darga menambahkan dalam sesi materi pengelolaan sampah melalui bank sampah.

Sedangkan Kang Gigin menyampaikan pengalamannya di Program Keluarga Harapan (PKH), beliau mewajibkan setiap penerima manfaat PKH untuk memilah sampah, membuat Ecobrick serta mengumpulkan jelantah untuk dijual kepada Komunita Ecobrick Bogor, nanti hasilnya dikembalikan kepada mereka.

Selain itu, agenda ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), hal ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs). Selain itu program ini bertujuan untuk mencapai kualitas lingkungan hidup yang semakin baik melalui pengurangan dan pemanfaatan sampah.