SDN Cemplang Kota Bogor Adakan Sosialisasi Pemanfaatan Sampah Menjadi Ecobrick

BOGOR-WARTABOGOR.id-SDN Cemplang yang berada di Cilendek Barat Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor mengadakan sosialisasi pemanfaatan sampah menjadi Ecobrick yang bekerjasama dengan Komunitas Ecobrick Bogor. Sosialisasi ini sangat sejalan dengan program Sekolah Adiwiyata.

Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli lingkungan sehat, bersih, serta indah. Dengan adanya program Adiwiyata diharapkan seluruh masyarakat sekitar sekolah dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang sehat untuk semua.

“Dengan adanya pelatihan dan sosialisasi pengelolaan sampah kepada anak-anak ini diharapkan mereka mempunyai pemahaman awal tentang pentingnya peduli lingkungan khususnya sampah”imbuh Pak Waluyo Kepala Sekolah SDN Cemplang, Jum’at (04/10).

“Acara seperti ini bagus sekali untuk melatih anak memilah sampah sejak dini, dengan demikian anak-anak mengetahui bahwa sampah itu bisa dimanfaatkan” kata Dewi Sintawati,salah seorang guru yang setia mendampingi anak-anak dalam mengikuti kegiatan sosialisasi ini.

“Sasaran dari program ini adalah seluruh warga sekolah, baik itu siswa siswi SDN Cemplang maupun guru dan staf sekolah, artinya tidak khusus untuk anak-anak saja” kata bu Evi Jamilah, Komite SDN Cemplang menambahkan.

Ecobrick yang sudah jadi bisa dimanfaatkan untuk berbagai kerajinan, misalnya pot vertikular,kursi, meja dan lain sebagainya. Dari pelatihan ini diharapkan kedepan sampah plastik bisa semakin berkurang, karena sampah-sampah plastik bisa dimasukan kedalam botol air mineral sampai padat.