SDN Dewi Sartika 3 Adakan Sosialisasi Cegah,Pilah & Olah Sampah

BOGOR-WARTABOGOR.id- Perubahan besar dimulai dari langkah kecil, ini bisa menjadi pemicu semangat bagi mereka yang ingin berperan dan mendorong perbuhanan, salah satunya yaitu keinginan pihak SDN Dewi Sartika 3 Kota Bogor untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Atas dasar keinginan tersebut maka SDN Dewi Sartika 3 mengadakan pelatihan manajemen sampah keluarga dengan cara Cegah, Pilah dan Olah Sampah di sekolah maupun di rumah, pelatihan ini mengundang narasumber dari Ecopedia Foundation untuk sharing dengan orang tua/wali murid SDN Dewi Sartika 3.

“Melalui Sosialisasi Cegah,Pilah dan Olah Sampah di SDN Dewi Sartika 3 ini mudah-mudahan dapat merubah mindset orang tua murid dari yang tadinya tidak begitu peduli terhadap sampah mulai peduli, karena sampah sampah kita adalah tanggung jawab kita” ungkap Diana Wati, M.Pd Kepala SDN Dewi Sartika 3, Rabu (15/01).

“Alhamdulillah khususnya untuk orang tua murid yang ada di Kelurahan Cibogor, hari ini dari pihak kelurahannya juga hadir dan sangat mendukung sekali kegiatan ini, sehingga warga Cibogor kedepan akan menindak lanjuti permasalahan sampah ini dengan pihak kelurahan, mudah-mudahan kedepan Kota Bogor semakin kinclong dan bersih” tambah Diana Wati.

Narasumber dari Ecopedia Foundation yang terdiri dari Kang Darga, Kang Elan dan Kang Gigin menyampaikan beberapa materi, mulai dari cara-cara untuk mengurangi sampah dari sisa makanan, menyiapkan menu yang sesuai kebutuhan, minum sesuai kebutuhan, selalu membawa tempat minum kemanapun pergi, membawa tas sendiri ketika berbelanja dan lain sebagainya.

Selain materi tersebut narasumber juga menyampaikan bagaimana sampah ini dikelola agar memiliki nilai ekonomi, baik menjadi uang maupun menjadi emas, langkah ini dimulai dengan memilah sampah. Selanjutnya sampah residu bisa dijadikan Ecobrick.