Siap Kembangkan Pertanian Digital, Polbangtan Bogor Gelar Pelatihan Drone

BOGOR-WARTABOGOR.id – Hadirnya revolusi industri 4.0 berdampak pada segala sektor termasuk pertanian. Era baru yang dibawa oleh revolusi industri 4.0 adalah pertanian digital, sebuah teknologi yang bisa membantu kita membuat keputusan secara praktis dan bermanfaat. Teknologi ini juga memudahkan manajemen risiko di pertanian dengan mengoptimalkan potensi keuntungan yang bisa diraih. Menghadapi tantangan ini Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor menggelar Pelatihan Pertanian Digital melalui Aplikasi Drone, Sabtu (26/7) di laboratorium TIK kampus Cibalagung.

Panitia penyelenggara, Arif Prastiyanto, SP., MP menuturkan bahwa pelatihan ini dalam rangka memberikan bekal dan pengetahuan bagi pegawai dan mahasiswa agar mampu mengoperasikan drone untuk mendukung pengembangan pertanian digital di Polbangtan Bogor.

“Kami datangkan expert dari Kementerian Pertanian yang sudah berpengalaman mengoperasikan drone untuk berbagi ilmu tentang pengoperasian dan perawatan drone,” jelas Arif.

Alumni Pascasarjana Fakultas Pertanian UNPAD ini menambahkan, usai pelatihan nanti para peserta dihimpun dalam satu komunitas yang akan melakukan kegiatan rutin seputar drone dan pertanian digital.

Direktur Polbangtan Bogor, Dr. Ir. Siswoyo, MP. memberikan apresiasi atas penyelenggaraan pelatihan yang diselenggarakan sehari ini.

“Terima kasih Mas Arif dan kawan-kawan sudah menyelenggarakan pelatihan ini, karena ke depan pertanian digital akan menjadi salah satu unggulan Polbangtan Bogor,” tutur Siswoyo.

-Ar-