Tahun 2020 di Bogor Bisa Cicil Emas dengan Sampah

BOGOR-WARTABOGOR.id-Bank Sampah Barokah,Perpustakaan Sampah,Komunitas Ecobrick Bogor beserta Ecopedia menyepakati adanya inovasi cicilan emas dengan sampah awal tahun 2020, inovasi ini digulirkan untuk menyemangati masyarakat dalam memilah dan menabung sampah.

“Menukar sampah menjadi emas ini adalah konversi dari tabungan sampah selama ini,jika selama ini sampah menjadi uang maka ada alternatif lain sebagai daya tarik masyarakat bisa menukarkan sampahnya dengan emas”kata Kang Darga Direktur Bank Sampah Barokah,Senin (30/12).

“Emas ini selain nilainya stabil juga masih menjadi barang berharga dan menarik bagi masyarakat, sehingga ketika Bank Sampah menggulirkan program tukar sampah dengan emas Inysa Allah akan semakin antusias, diharapkan dengan terus menerus adanya kampanye dan inovasi dalam pengelolaan sampah ini maka masyarakatpun semakin banyak yang menyadari bahwa sampah itu ada nilai ekonominya” tambah Elan Jaelani, Pengiat Perpustakaan Sampah.

Sampah non organik khususnya plastik masih menjadi masalah besar di sejumlah negara termasuk Indonesia, ini menunjukan kesadaran masyarakat tentang kebersihan lingkungan masih rendah. Perilaku membuang sampah sembarangan masih banyak kita temui, mereka bahkan tidak memperdulikan dampaknya terhadap kelestarian alam maupun kesehatan.

Namun 3 orang aktivis lingkungan dari berbagai latar belakang keunikan sendiri yaitu Kang Darga,Kang Elan dan Kang Gigin kini berkolaborasi dan berkeinginan untuk saling menyemangati dalam mensosialisasikan CPO (Cegah Pilah dan Olah Sampah) kepada masyarakat.

“Kalau masyarakat sudah menyadari bahwa sampahku adalah tanggung jawabku, sampahmu adalah tanggung jawabmu maka sampah organik bisa dikelola menjadi kompos, sampah anorganik bisa ditabungkan ke bank sampah bahkan saat ini sudah bisa ditukar dengan emas, sampah plastik residu bisa untuk membuat Ecobrick. Dengan demikian sampah yang ke TPA itu akan semakin berkurang” tambah Kang Gigin dari Komunitas Ecobrick Bogor menambahkan.