Tingkatkan Kapasitas, Pendamping PKH Ikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendamping Sosial

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sejumlah Pendamping Keluarga Harapan (PKH), TKS,TKSK dan PSM di Kota Bogor mengikuti Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pendamping Sosial yang diadakan oleh Dinas Sosial Kota Bogor, Pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari yaitu tanggal 26 sampai dengan 27 September 2019 di Hotel Bumi Tapos Resort Ciawi Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Dalam pelatihan tersebut hadir untuk mengisi materi diantaranya dari Kementerian Sosial RI, Dinas Sosial Provinsi Jawa barat dan LPPM IPB, kegiatan yang dihadiri sekita 74 orang peserta ini dibuka oleh Sekretaris Dinas Sosial Kota Bogor yaitu Ir. Dinar Dahlia Nalan, MM.

“Permasalahan kemiskinan di Kota Bogor memerlukan bantuan pendamping sosial, yang mana pendamping sosial adalah selaku mitra pemerintah daerah dan mitra masyarakat yang harus memiliki kompetensi yang baik, karena berfungsi sebagai katalisator dan fasilitator di masyarakat, kata Ir. Dinar Dahlia Nalan, MM. ketika memberikan arahan dalam sambutannya.

“Kegiatan ini sebagai media untuk menyamakan persepsi dalam penasnggulangan kemiskinan di Kota Bogor, selain itu juga diharapkan para pendamping-pendamping sosial ini memiliki inovasi-inovasi dalam pemberdayaan masyarakat, kedepannya para penerima manfaat dari program-program pemerintah khususnya PKH menjadi mandiri” tutur Dudi Fitri Susandi, Kabid Perlinsos Dinas Sosial Kota Bogor selaku penanggung jawab dari Pendamping Sosial di Kota Bogor, Kamis (26/09).

“Semoga setelah mengikuti pelatihan ini, kami dilapangan memiliki kemampuan lebih dalam menganalisa, melihat dan mengembangkan potensi serta mengevaluasi pemberdayaan yang selama ini kami lakukan terhadap Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS)” Kata Nandang Turmudi, Koordinator Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Bogor

Sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, pemerintah Indonesia telah melaksanakan Program Perlindungan Sosial yang dikenal di dunia Internasional dengan istilah Conditional Cash Transfers (CCT). ini terbukti cukup berhasil dalam menanggulangi kemiskinan di Indonesia.