Tips Menjaga Kesehatan Saat Musim Hujan

Bogor terkenal sebagai kota hujan karena curah hujannya yang tinggi dibandingkan dengan daerah lain. Sehingga walaupun musim kemarau, hujan akan tetap turun walaupun intensitasnya tidak sesering ketika musim hujan. Apalagi jika telah memasuki musim hujan, selain hujan turun terus menerus, udara menjadi lebih dingin dan lembab.

Untuk yang tetap harus beraktifitas rutin keluar rumah seperti bekerja dan sekolah, musim hujan dapat membuat tubuh mudah terserang penyakit jika stamina menurun. Untuk itu sahabat Warta Bogor mencoba berbagi 8 tips menjaga kesehatan saat musim hujan  :

  1. Selalu membawa payung, jas hujan, dan pakaian ganti jika ingin bepergian keluar rumah walaupun hujan belum atau sedang tidak turun.
  2. Gunakanlah tas yang berbahan kedap air atau yang mempunyai pelindung dari air agar bisa menjaga isinya tetap kering.
  3. Gunakanlah sepatu kedap air atau sandal jepit selama dalam perjalanan. Bawa saja sepatu yang perlu digunakan untuk kerja atau sekolah untuk digunakan ketika sudah sampai lokasi yang dituju.
  4. Selalu sediakan minyak angin atau penghangat badan saat cuaca terasa sangat dingin.
  5. Tetap usahakan banyak minum air putih dan lebih baik yang hangat walaupun pada saat musim hujan atau cuaca dingin biasanya akan sering buang air kecil. Bisa juga dikombinasikan dengan minuman penghangat lainnya.
  6. Makan makanan yang bergizi untuk menjaga asupan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh agar stamina tetap dalam kondisi baik.
  7. Usahakan tetap berolahraga walaupun harus didalam ruangan. Hal ini penting agar peredaran darah tetap lancar, karena biasanya jika musim hujan akan sangat nyaman berlindung dibalik selimut dan malas bergerak.
  8. Yang paling penting adalah lebih banyak berdzikir dan berdo’a saat hujan turun, karena saat turun hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdo’a.

Sebenarnya hujan adalah rahmat dan bukan penyebab seseorang terkena penyakit atau musibah. Jika kita sakit saat musim hujan, itu adalah karena memang banyak dari kita yang belum bisa menjalani pola hidup sehat dan kuarang antisipasi lebih saat musim hujan, seperti kata pepatah ‘sedia payung sebelum hujan’. Jikalau pun ada yang terkena banjir atau longsor pada saat musim hujan, itu bukanlah salah hujannya, tapi lebih disebabkan oleh perilaku buruk manusia yang tidak bisa menjaga lingkungannya atau tidak memberikan hak kepada alam untuk tetap seimbang. Contohnya adalah banyak sampah yang dibuang ke sungai sehingga membuat air sungai meluap saat musim hujan hingga menyebabkan banjir. Bahkan saat ini sudah berkurang kemampuan tanah untuk menyerap air karena sudah berkurangnya lahan terbuka hijau berganti dengan pemukiman padat atau gedung bertingkat.

Hujan itu rahmat jika kita bisa bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT dan mampu menjaga keseimbangan alam. Hujan itu rahmat, jadi tidak perlu takut sakit saat menghadapi musim hujan. Tetap semangat dan semoga do’a kita dikabulkan oleh Allah SWT saat kita berdo’a ketika hujan turun. Aamiin.

Bagi sahabat Warta Bogor yang mempunyai tips tambahan lainnya bisa menghubungi admin Warta Bogor di kolom komentar. Terima kasih… Tetap sehat walaupun musim hujan. Semangat!

[er]