25 Insan Tani Berprestasi Raih Penghargaan dalam Apresiasi SDM Pertanian 2021

BOGOR-WARTABOGOR.id-Kementerian Pertanian (kementan) menggelar Apresiasi SDM Pertanian 2021 yang dilaksanakan di Gedung Bina Karakter PPMKP Ciawi Bogor, ini sebagai wujud penghargaan terhadap kinerja para insan yang bergerak di sektor pertanian. Pertanian akan selalu menjadi tumpuan pemenuhan kebutuhan pangan masyarakat global.

Sumber Daya Alam dan Output berbagai kegiatan pertanian menjadi penyedia berbagai kebutuhan yang umumnya dapat dikelompokan sebagai 4F, yaitu Pangan (Food) Pakan (Feed) Bahan Bakar (Fuel) serta serat dan bahan baku industri lainnya (Fibre). Selain itu ada tuntutan lain berupa kelestarian lingkungan (Environment). Tantangan ini akan terus muncul dan menuntut penerapan berbagai inovasi yang dapat meningkatkan output untuk mengimbangi kebutuhan Food, Feed, Fuel, dan Fibre sekaligus menjaga kelestarian lingkungan.

“SDM Pertanian memiliki peranan penting dalam peningkatan produksi pertanian, beberapa pelaku yang berberan tersebut antara lain adalah Petani, Penyuluh Pertanian, Widyaiswara, Dosen, Guru, P4S, dan Petani Milenial. Mereka adalah pelaku yang langsug berhubungan dengan lapangan, baik sebagai pelaku utama, pelaku usaha, pendamping maupun fasilitator” Ungkap Syahrul Yasin Limpo, Menteri Pertanian RI, Rabu ( 22/12).

“SDM yang baik harus memiliki karakter religi dan karakter etos, kapasitas untuk kerjasama dan memegang komitmen, kompetitif, punya integritas, punya literasi yang cukup tentang religi, kebudayaan dan keuangan” tambah SYL.

Dalam kesempatan yang sama, hadir juga Kepala Badan PPSDMK, Dedi Nursyansi, beliau menyampaikan serta apresiasinya kepada insan pertanian seluruh Indonesia yang tidak lelah untuk terus bekerja dan berinovasi, sehingga pertanian Indonesia terus tumbuh.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan serta motivasi kepada SDM Pertanian dalam mendukung program pembangunan pertanian tahun 2021, kinerja selama tahun ini merupakan sumbangsih dari insan SDM Pertanian yang terus bekerja keras dan berpartisipasi dalam pembangunan pertanian” tegas Dedi Nursyamsi, Kepala Badan PPSDMK.

Inilah 25 Insan Pertanian dari Seluruh Indonesia yang mendapatkan penghargaan pada saat acara Apresiasi SDM Pertanian 2021:

1. Hariadi, SP asal Tana Toraja, Sulawesi Selatan
2. M. Dahyar Adiguna asal OKU timur, Sumatra Selatan
3. Sugiyanto asal Rembang, Jawa Tengah
4. Tosiah, S.ST asal Trenggalek, Jawa Timur
5. Diat Sujatman asal Sukabumi, Jawa Barat
6. Rizal Anshar S.ST.,MM asal Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Tengah
7. Lorens Peter Loak, S.ST asal Rote Ndao, NTT
8. Retno Sawitri, SP asal Lampung Tengah, Lampung
9. Agung Wirawan asal Sulawesi Selatan
10. Arifudin Nurrahmatullah asal NTB
11. Sesi Radial, SP asal Sumatera Selatan
12. Violia Azarah asal Jawa Barat
13. Junaidi asal Kalimantan Selatan
14. Ir. I Wayan Wardana asal P4S Sumber Rezeki, Kabupaten Buleleng, Bali
15. Tukijo/BBPP Binuang asal P4S Kebun Ndesa, Samarinda, Kalimantan Timur
16. Dedi Wiarsa/BPP Jambi asal P4S karyatani, Kabupaten Merangin, Jambi
17. Jamaluddin Al Afghani, S.Pd, MP asal Bengkulu
18. drh. Euis Nia Setiawati, MP asal BBPKH Cinagara
19. Nunung Hurhadi, SP, MP asal BBPP Ketindan
20. Heris Khoirul Usman , S.TP.,M.Sc asal BBPP Batu
21. Susmawati, SP, MP asal BBPP Binuang
22. Seftiana,S.ST, MM asal BPP Lampung
23. Dr. Arif Nindiyo Kisworo, S.Pt.,M.Si asal Polbangtan Bogor
24. Dr. Ugik Romadi, S.ST.,M.Si asal Polbangtan Malang
25. Siwi Purwati, S.Pd., M.Pd asal SMK PP N Sembawa

Pewarta: Mahival