Alumni Polbangtan Bogor Sukses Buka Usaha Kedai Gebrak

BOGOR-WARTABOGOR.id – Sebagaimana telah dikatakan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL)  untuk mengoptimalkan sektor pertanian ke depan tidak lepas dari peran pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Demikian juga dengan komitmen Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor untuk menghasilkan petani milenial selain sebagai job creator juga sebagai job seeker.

Peran Polbangtan Bogor untuk menghasilkan job creator benar-benar dilaksanakan oleh alumninya. Melalui kepemimpinan Dr. Ir. Siswoyo, MP menjadikan para alumni menjadi wirausahawan muda melalui Program Penumbuhan Wirausahawan Muda Pertanian (PWMP). Tepat pada kelulusan pertama Polbangtan Bogor menyiapkan para alumni yang berkeinginan bergelut didunia wirausaha mengucurkan dana sebesar 35 juta rupiah untuk setiap kelompok pelaku usaha PWMP.

Berawal dari enam orang sahabat sejak tingkat dua sudah memulai usaha kecil-kecilan dengan berjualan es susu di area kampus, hingga memiliki keinginan untuk menjadi pengusaha. Empat tahun menempuh pendidikan di Polbangtan Bogor dan lulus pada Agustus 2019, keenam orang sahabat ini mengikuti program PWMP yang diselenggarakan oleh Polbangtan Bogor. Karena memiliki ide yang berbeda namun satu tujuan, mereka membentuk dua kelompok dengan nama yang berbeda yaitu SUBRAD “susu brader” dan Dezapu Ice Cream and Coffee. Namun seiring berjalannya waktu mereka berkolaborasi dengan membentuk satu nama syaitu Kedai Gebrak yang terbentuk pada Desember 2019 yang berlokasi di Dramaga seberang Kampus IPB, Sabtu (7/03).

Mengarah pada sudut pandang kekinian Kedai Gebrak pun menyajikan minuman dan makanan yang kekinian sesuai dengan cita rasa kaum muda kekinian namun juga untuk semua umur. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau untuk para mahasiswa maupun kaum kekinian. “Mulai dari enam ribu kamu sudah bisa minum es subrad yang tampilannya kekinian banget,” ujar Dwiki Handian Putra, salah satu owner Kedai Gebrak

Lokasi yang strategis dan di sisi jalan membuat Kedai Gebrak ini ramai dikunjungi setiap harinya, terkecuali hari jum’at kedai tutup. Di sini juga ada menu makanan kekinian yang harganya sangat terjangkau. Tak hanya itu, di Kedai Gebrak ini tersedia bermacam buku yang bisa dibaca sembari menikmati menu yang tersedia. Uniknya, buku-buku ini adalah sumbangan para konsumen Kedai Gebrak yang datang menukarkan buku tersebut dengan minuman.

 “Kami pun menyediakan promo untuk hari tertentu dan pastinya ada syarat dan ketentuan berlaku. Kedepannya kami akan bekerja sama dengan pihak kampus untuk memfungsikan kembali lahan Intercropping Coffe lalu sebagai bahan produksi menu kopi di Kedai Gebrak,” ujar Dwiki.

Mereka berharap melalui kedai yang berlokasi di Dramaga ini bisa berkelanjutan dan bisa tersebar di daerah-daerah lain dan bisa membawa harum nama kampus Polbangtan Bogor.

Pewarta : Dika HM

Editor : Ar