Edorgan Berkunjung ke Masjid Hagia Sophia

ISTANBUL-WARTABOGOR.id – Presiden Turki, Recep Tayyip Edorgan, melakukan kunjungan mendadak ke Hagia Sophia, beberapa pekan setelah berubah menjadi masjid.

Kunjungan yang berlangsung pada hari Minggu (18/7/2020) itu terjadi beberapa hari sebelum umat Islam melaksanakan ibadah pertamanya di sana.

Dalam kunjungan yang berdurasi kilat itu, kantor kepresidenan menyatakan Edorgan melihat bagian dalam, yang menunjukkan perancah dalam gedung.

Diyanet, otoritas keagamaan Turki, menerangkan icon Kristen di Hagia Sophia akan ditutup ketika muslim melaksanakan shalat.

Dilansir AFP, tidak dijelaskan apakah mantan walikota Istanbul itu akan masuk ke dalam 500 jamaah saat shalat Jum’at nanti (24/7/2020).

Pada Jumat pekan lalu (10/7/2020), pengadilan tertinggi Turki mengubah fungsi Hagia Sophia dari museum sejak 1935 silam menjadi masjid.

Bangunan yang masuk ke dalam Warisan Dunia UNESCO tersebut terbuka bagi pengunjung, dari agama manapun, sejak peruntukkannya sebagai museum.

Kemudian pada awal pekan ini, Diyanet merilis pernyataan bahwa bangunan berusia ribuan tahun itu masih bisa dikunjungi turis di luar jam shalat.

Hagia Sophia awalnya merupakan katedral yang dibangun pada era kekaisaran Bizantium, dan menjadi masjid ketika Ottoman menaklukan istambul pada 1453.

Oleh Mustafa Kemal Attaturk, yang kemudian menjadi bapak Turki modern, tempat itu menjadi museum sebagai Reformasi pasca Ottoman.

Pada tahun lalu, Edorgan sempat mengklaim keputusan para pendiri Turki modern mengubah bangunan itu sebagai museum adalah “kesalahan besar,”

Perubahan status tersebut tak hanya menimbulkan kekecewaan umat kristen, tapi juga memercikan ketegangan dengan Yunani. (kompas.com)