FOKRI PTK Gelar Pelantikan dan Pra Rakernas di Poltek Statistika STIS

BOGOR-WARTABOGOR.id –  Pelantikan sekaligus Pra Rapat Kerja Nasional Kepengurusan baru Majelis Syuro’ dan Senat Forum Kerjasama Rohani Islam Perguruan Tinggi Kedinasan (FOKRI PTK) sukses dilaksanakan di Jakarta kampus Politeknik Statistika STIS,  Sabtu (30/11). Polbangtan Bogor mendapatkan amanah dengan terpilihnya mahasiswa terbaiknya untuk duduk di Majelis Syuro’ dan Wakil Senat atas nama Aldi Prayoga dan Fasha Maulana.

Pelantikan merupakan bentuk legalisasi kewenangan untuk melakukan kebijakan maupun mengesahkan sebuah keputusan, Pelantikan ini dihadiri oleh perwakilan Aktivis Lembaga Dakwah Kampus masing-masing Perguruan Tinggi Kedinasan. Dihadiri oleh 14 Perguruan Tinggi Kedinasan yakni Politeknik Statistika STIS, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Sekolah Tinggi Perikanan, Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor, Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, Politeknik Keuangan Negara STAN, POLTEK KP Karawang, POLTEK KP Pangandaran, Politeknik Gajah Tunggal, PKTJ tegal, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran, Sekolah Tinggi Sandi Negara, Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan.

Proses Pelantikan dilalui dengan Sumpah Jabatan dan Penandatanganan Pakta Integritas, Proses Pelantikan Majelis Syuro’ dipimpin oleh Aldi Prayoga selaku Ketua terpilih Majelis Syuro’ 2019/2020 selanjutnya Pelatikan Senat FOKRI PTK dipimpin oleh Kafie Achmad Aviev selaku Ketua terpilih Senat FOKRI 2019/2020.

Kegiatan Pelantikan ini juga merubah nama Kepengurusan yang semula bernama Badan Pengurus Harian (BPH) menjadi Senat Forum Kerjasama Rohani Islam. Senat FOKRI PTK terbagi menjadi 4 Biro dan 5 bidang yakni Biro Administrasi Umum, Biro Multimedia, Biro Humas dan Biro Kaderisasi, Bidang Kesehatan, Bidang Pendidikan, Bidang Nisa, Bidang Sosial dan Bidang Syiar, untuk Anggota yang berpartisipasi dalam Organisasi Senat FOKRI ini kurang lebih 41 orang, sedangkan Majelis Syuro’ terbagi menjadi 3 Komisi yakni Pengawasan Utama, Auditor dan Keuangan, dan Aspirasi, untuk anggota yang tergabung dalam Majelis Syuro’ kurang lebih 25 orang.

Ketua FOKRI PTK Kafie Achmad Aviev menuturkan bahwa untuk membangun aspek Profesionalitas, Integritas dan Amanah perlu diadakan sebuah Pengukuhan untuk menjamin nilai tersebut yang dilakukan oleh individu-individu yang menjalankan roda Kepengurusan Organisasi FOKRI PTK. “Adanya kegiatan perdana dari seluruh pengurus FOKRI PTK baik Senat maupun Majelis Syuro’ sehingga menjadi angenda dan forum pertama untuk saling bersilaturahmi dan menyalurkan pendapatnya mengenai keberlangsungan Organisasi FOKRI PTK ini,” jelas Kafie.

Aldi Prayoga, selaku  Ketua Majelis Syuro’ berharap dengan dilantiknya anggota yang baru bisa bersinergi menjadikan FOKRI ini menjadi lebih baik lagi kedepannya dan juga bisa mewadahi keislaman para Mahasiswa, Taruna, Praja di Indonesia khususnya dilingkungan Perguruan Tinggi Kedinasan masing-masing  dan lebih khusus lagi di Forum Kerjasama Rohasi Islam Perguruan Tinggi Kedinasan Indonesia. “Dengan adanya FOKRI PTK ini bisa menjadi penyejuk nilai-nilai islami didalam kehidupan kampus juga sebagai Tauladan bagi Mahasiswa lainnya dalam mengerjakan kegiatan belajar mengajar,” ujar mahasiswa Polbangtan Bogor ini.

Setelah pelantikan selesai dilanjut dengan Kegiatan Diskusi sekaligus Pengesahan tentang Keuangan Forum Kerjasama Rohani Islam Perguruan Tinggi Kedinasan yang terdiri dari 6 Bab 8 Pasal, kemudian dilanjutkan dengan Kegiatan Diskusi sekaligus Pengesahan tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Senat FOKRI PTK yang terdiri dari 16 Bab 29 Pasal. Para pengurus berharap, FOKRI PTK ini menjadi organisasi yang berhasil mendapatkan Legalitas dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Kementerian Agama, agar memudahkan koordinasi mengenai hal-hal yang terkait dan yang dibutuhkan oleh  FOKRI PTK ini.

Reporter: Aida Maudy

Editor: Ar