Hari Ini Capai 420 Pendaftar, Animo Calon Mahasiswa Baru Polbangtan Bogor Melebihi Kuota

BOGOR-WARTABOGOR.id – Hari ini (1/04) website Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor dibanjiri pendaftar dari Jalur Undangan. Padahal baru dibuka dari satu jalur, dari lima jalur yang akan diumumkan secara bertahap dan terjadwal.

Kepala Subbagian Kemahasiswaan Usep Rizab menuturkan bahwa per hari ini telah mendaftar sebanyak 420 pendaftar dari Jalur Undangan. “Ini baru dari Jalur Undangan, rencananya masih ada empat jalur lagi dengan kuota keseluruhan 245 mahasiswa baru,” ungkap Usep.

Adapun Jalur Undangan ini terdiri dari Undangan untuk Siswa Berprestasi, Undangan untuk Anak Petani Berprestasi, Undangan untuk Masyarakat Prasejahtera, dan Undangan untuk Program Pertanian Masuk Sekolah (PMS) yang masing-masing kriteria telah diatur oleh panitia dengan memberikan undangan langsung ke SMK-PP dan pihak lain yang memenuhi persyaratan.

Mengenai empat jalur pendaftaran yang lain, sekretaris panitia PMB ini mengatakan bahwa masih ada Jalur Tugas Belajar, Umum, Kerja sama, dan POSKM (Prestasi, Olahraga, Keilmuan, dan Minat).

Usep juga mengatakan bahwa kouta dari masing-masing jalur adalah sebagai berikut:

– Jalur Undangan, kuota 50% / prodi,

– Jalur Umum, kuota 30% / prodi,

– Jalur POSKM, kuota 5% / prodi, dan

– Jalur Kerja sama, kuota 15% / prodi.

Ditemui secara terpisah, Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo menuturkan bahwa Polbangtan Bogor memiliki dua jurusan, yakni Pertanian dan Peternakan dengan lima Program Studi (prodi).

Siswoyo juga mengatakan kuota mahasiswa baru tahun ini 245 orang, terdiri dari:

  1. Prodi penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (D-IV) : 70 orang
  2. Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan (D-IV) : 70 orang
  3. Prodi Agribisnis Hortikultura (D-IV) : 35 orang
  4. Prodi teknologi Mekanisasi Pertanian (D-III) : 35 orang
  5. Prodi Kesehatan Hewan (D-III) : 35 orang

Siswoyo berharap seleksi PMB tahun ini agar lebih ketat dan memenuhi kriteria yang ditetapkan, agar  ke depan dihasilkan petani milenial yang lebih berkualitas.

Informasi lebih lanjut dapat mengunjungi website Polbangtan Bogor di http://www.polbangtan-bogor.ac.id/ atau website PMB di http://pmb.polbangtan-bogor.ac.id/.

Pewarta : Arif Prastiyanto

Editor : Ar