Kostratani Campaka Siap Dukung Program Kementan

CIANJUR-WARTABOGOR.id – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan peran Kostratani sangat dibutuhkan, terutama untuk membantu para petani dalam meningkatkan produktivitas usaha taninya.

Lebih lanjut SYL mengatakan bahwa target Kementerian Pertanian yaitu peningkatan produktivitas 7% pertahun. Hal ini dapat diwujudkan jika penyuluh dan petani bergerak bersama sama dengan didukung Kostratani yang ada disetiap kecamatan atau BPP.

Sementara Kepala BPPSDMP, Prof. Dedi Nursyamsi, mengatakan Kostratani adalah sumber data. Semua data pertanian yang dibutuhkan ada di Kostratani. Sehingga membutuhkan penggunaan arsitektur teknikal dan metode analitis yang inovatif untuk mendapatkan wawasan yang dapat memberikan nilai bisnis baru atau informasi yang bermakna,” ujar Dedi.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangantan) Bogor menggelar sosilisasi Kostratani di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Campaka Kabupaten Cianjur Jawa Barat Kamis lalu (26/11). Tim Polbangtan Bogor diwakili Endang Krisnawati, Arif Prastiyanto, dan Wahyu Wibisana.

Hadir pada pertemuan tersebut Camat, Kapolsek, Danramil, Kepala UPTD Pertanian, Kepala BPP, Kepala Desa, tokoh masyarakat dan perwakilan kelompoktani Kecamatan Campaka.

Kepala BPP Campaka M. Sahlan Fauzi memimpin jalannya sosilisasi. Usai membuka acara, Fauzi mempersilahkan Camat Campaka memberikan sambutan.

Insanuddin Lingga, Camat Campaka menyambut baik acara sosialisasi ini. Ia menyatakan siap menjadi penggerak Kostratani di Kecamatan Campaka. “Komitmen kami bersama jajaran Polsek dan Koramil sebagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) mendukung Kostratani, semoga menjadi motor dan memperkuat kedaulatan pangan di Kecamatan Campaka,” tegasnya.

Lingga berharap Kostratni mampu mengoptimalkan agribisnis di wilayah Kecamatan Campaka dan mampu mewujudkan jejaring kemitraan antara petani dan stakeholder yang ada di sini.

Sementara itu, Kepala UPT Pelayanan Pertanian Campaka Eti Rusmiati mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini. “Campaka mempunyai luasan lahan lebih dari  2.000 ha untuk tanaman teh dan kopi, kami berharap semoga dengan Program Kostratani ini petani lebih maju dan optimis,” imbuhnya.

Berbicara di depan peserta sosialisasi, Endang Krisnawati menyampaikan presentasi tentang Program Kostratani. Dirinya menjelaskan secara rinci Program Kostratani mulai dari peran, tujuan, strategi, organisasi pelaksana, sampai alokasi dan jadwal palang kegiatan.

“Kostratani juga akan berperan sebagai Pusat Data dan Informasi, Pusat Pembangunan Pertanian, Pusat Pembelajaran, Pusat komunikasi agribisnis, dan Pusat pengembangan jejaring kemitraan,” ungkapnya.

Usai pemaparan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Para peserta sangat antusias memberikan respon pada saat diskusi. Kepala BPP Campaka, M. Sahlan Fauzi merasa puas dengan pelaksanaan sosialisasi ini. “Semoga dengan Kostratani ini pembangunan pertanian khususnya di Kecamatan Campaka lebih bergairah lagi, dan kedaulatan pangan Indonesia semakin jaya,” ucapnya optimis.

 

 

Pewarta : Arif Prastiyanto

Sumber : Polbangtan Bogor