Mahasiswa Polbangtan Bogor Ajak Warga Aceh Ternak Ayam Kampung

ACEH TAMIANG-WARTABOGOR.id – Pandemi Covid-19 membuat mahasiswa terpaksa belajar dari rumah dengan menggunakan media online, tak menutup kemungkinan untuk terus melakukan kegiatan yang bermanfaat seperti berwirausaha. Inilah yang dilakukan Sahara Erliza Mahasiswa cantik jurusan peternakan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor yang dengan sigap memanfaatkan lingkungan dengan memulai budidaya ayam kampung.

Ayam kampung merupakan jenis ayam yang mudah didapat di daerahnya desa teluk kemiri, kecamatan bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang dengan berbekalkan ilmu di bidang peternakan yang ia miliki untuk berani mencoba memelihara ayam kampung yang bibit ayamnya berasal dari pengeraman induk ayam.

Setelah anak ayam menetas kemudian pemeliharaan dilanjukan dengan cara intensif atau didalam kandang, tujuannya agar anak ayam tetap nyaman dan terhindar dari peredator seperti musang, elang, kucing, dan lainnya. Untuk pemberian pakan sendiri sahara menggunakan pelet, dedek padi halus, jagung giling halus, juga memberikan vitamin dan vaksin secara rutin.

Awalnya Sahara hanya memelihara anakan ayam (DOC) sekitar 23 ekor. Namun seiring berjalannya waktu usahanya pun bertambah banyak dari hasil tetasan telur ayam dari indukan lainnya. Usaha ayam kampung ini ditargetkan dapat memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga, dan akan di jual kepasar untuk mendapatkan penghasilan tambahan untuk tabungan. 

Sahara pun mengembangkan usahanya dengan cara mengajak saudara dan tetangga untuk ikut berwira usaha, usaha ayam kampung itu mempunyai prospek yang cukup besar, harganya mahal dan telurnya selalu dicari di pasaran. Dia berharap pemuda tidak hanya diam dan pasrah, melainkan terus berinovasi dalam berwirausaha.

Semangat Sahara ini merupakan harapan dari Kementerian Pertanian yang terus mendorong mahasiswa untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pengembangan pertanian termasuk peternakan, sehingga akademisi dan peternak bisa bersinergi dalam mengembangkan sub sektor peternakan Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Visi dan misi dari Sekolah Kedinasan yang di bawah naungan BPPSDMP yakni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor, selain menciptakan mahasiswanya lulusan entreprenuer muda juga menciptakan lulusan yang mampu membangun sektor sektor pertanian.

Pewarta : Arif & Aditia Bukit

Sumber : Polbangtan Bogor