Manfaat Kesehatan Mandi dengan Air Dingin

WARTABOGOR.id – Mandi air dingin mungkin akan membuat kita langsung merinding membayangkannya, terutama di pagi hari atau pun di malam hari. Banyak dari kita memilih mandi dengan air hangat.

Namun, sesekali kita bisa mempertimbangkan mandi dengan air dingin, karena ada beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh.

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan potensial dari mandi dengan air dingin.

1. Air dingin dapat menenangkan kulit yang gatal

Meredakan eksim, psoriasis, kulit terbakar, atau reaksi alergi, hanyalah salah satu dari banyak manfaat mandi air dingin.

“Air dingin dapat membantu menenangkan sensasi gatal,” kata Stacy Chimento, MD, dokter kulit bersertifikat di Riverchase Dermatology, Florida.

“Air dingin membantu menghilangkan rasa gatal dan menenangkan kulit yang teriritasi, sedangkan mandi air panas dapat membuat kulit lebih sensitif.”

Namun, perlu diketahui bahwa meskipun air dingin dapat membantu dalam mengurangi gejala, ia tidak sepenuhnya dapat mengatasi kondisi yang mendasarinya.

Jadi, jika kita memiliki eksim, psoriasis, atau kulit terbakar yang menyebabkan gatal pada kulit, kita tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran terbaik dalam pengobatan kita.

2. Dapat meningkatkan kesehatan usus

Secara teoritis mandi air dingin adalah salah satu cara untuk membantu meningkatkan kesehatan usus.

“Tubuh kita secara alami bereaksi terhadap air dingin dengan meningkatkan detak jantung, yang pada gilirannya memompa darah kita lebih cepat ke seluruh tubuh kita,”

Demikian kata Inna Lukyanovsky, PharmD, seorang praktisi kedokteran fungsional dan penulis Digestive Reset: Fix Your Hormones and Digestion By Balancing Your Gut Microbiome and Adrenals.

“Ketika jantung memompa lebih efisien, sirkulasi kita secara keseluruhan meningkat, bahkan setelah mandi,” kata Lukyanovsky.

“Ketika sirkulasi lancar, detoksifikasi diaktifkan, bersama dengan manfaat sistem pencernaan. Plus, beralih dari hangat ke dingin meningkatkan sel otot polos, termasuk kesehatan perut, usus, dan sistem kardiovaskular.

3. Dapat mengurangi rasa sakit pasca-latihan

Rasa sakit pasca latihan atau olahraga dapat pulih lebih cepat dengan mandi air dingin.

“Olahraga, terutama dengan intensitas tinggi, latihan kekuatan berat, atau gerakan eksentrik, dapat menyebabkan robekan mikroskopis pada serat otot,” kata Beldini.

“Micro tears atau robekan mikro ini dapat menciptakan respons inflamasi fokal di jaringan yang menyebabkan respons nyeri otot yang tertunda, atau dikenal sebagai delayed muscle onset soreness (DOMS).”

4. Dapat meningkatkan kesehatan kulit kepala

Menurut ahli trikologi William Gaunitz, yang mempelajari struktur, fungsi, dan penyakit rambut manusia, mandi air panas secara berlebihan, dapat menghilangkan minyak alami kulit kepala.

Lalu, jika ini dilakukan setiap hari, maka dapat memperburuk kondisi peradangan.

Kulit dan kulit kepala kita memiliki keseimbangan alami yang melekat antara minyak dan mikroorganisme,” katanya.

“Ketika ini dihilangkan setiap hari dengan peralatan dan panas yang ekstrim, kulit kepala bisa menjadi tidak seimbang dan ini bisa menjadi tuan rumah bagi jamur dan bakteri yang menyukai lingkungan yang hangat dan basah.”

Dengan paparan air panas yang konstan, kulit kepala kita juga bisa menjadi kering dan teriritasi, memperburuk kondisi kulit kepala yang meradang seperti ketombe dan psoriasis.

“Peradangan apa pun dapat menyebabkan kerontokan rambut yang berlebihan dan menciptakan spiral ke bawah untuk mencoba mendapatkan kembali

5. Dapat mengurangi pembengkakan dan kantung mata

“Untuk kulit, mandi dengan air dingin akan membantu mengurangi peradangan, pembengkakan, dan kantung mata,” kata Joshua Ross, ahli kecantikan selebriti, pemilik dan pendiri Los Angeles medspa SkinLab. (kompas lifestyle.com)