Tanggal Ulang Tahun Google Beberapa Kali Berubah, Mana yang Benar?

BOGOR – WARTABOGOR.id – Lewat doody hari ini, Minggu (27/9/2020), Google merayakan hari jadinya. Namun tahukah anda bahwa dulu tanggal ulang tahun Google bukan 27 September?

Menurut laman Wikipedia, Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Tapi, pada ulang tahunnya yang ke-5 atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Setahun kemudian, ulang tahun Google Yang ke-6 dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni tanggal 7 September. Kemudian pada 2005, ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, 26 September.

Jadi, kapan sebenarnya Google berulang tahun? Dihimpun kompas tekno dari IBN live, Minggu (27/9/2020), awalnya raksasa teknologi itu memperingati hari lahirnya setiap pada 7 September.

Tanggal tersebut dianggap sebagai tanggal berdirinya perusahaan. Namun, tanggal itu kemudian diubah. Google menyatakan bahwa 4 September adalah tanggal berdirinya perusahaan.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google diundur menjadi 27 September. Tanggal itu dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindex oleh mesin pencarinya saat itu.

Google masih menjadikan tanggal 27 September sebagai hari jadinya hingga kini. Merayakan ulang tahunnya yang ke-22 ini, Google menyajikan doodle bergambar mirip orang yang sedang video call bersama teman-teman. Merujuk pada situasi pandemi covid 19.

Google didirikan oleh dua sahabat, yaitu Larry Page dan Sergey Brin. Keduanya membangun Google pada saat Masih kuliah di Stanford university. Alamat Google.com terdaftar sejak 15 September 1997. (kompas.com)