Tonga Diterjang Tsunami Akibat Letusan Gunung Bawah Laut

WARTABOGOR.id– Salah satu negara di Pasifik, Tonga, diterjang tsunami akibat letusan gunung bawah laut Hunga Tonga-Hunga Ha’apai.

Tsunami terjadi setelah letusan gunung berapi bawah laut tersebut pada Jumat (14/1/2022) malam waktu setempat. Letusan kedua terjadi Sabtu (15/1/2022) pukul 17.26 waktu setempat.

RNZ melaporkan, Raja Tonga Tupou VI dievakuasi dari kediamannya diiringi konvoi polisi dan tentara lalu dibawa ke sebuah vila di Mata Ki Eua.

Sejauh ini, belum ada laporan mengenai korban jiwa karena jaringan komunikasi di sana terputus.

Tonga adalah negara kecil yang terdiri atas gugus kepulauan di barat daya Samudra Pasifik sebagaimana dilansir Britannica.

Negara Tonga terdiri dari sekitar 170 pulau yang dibagi menjadi tiga kelompok pulau utama: Tongatapu di selatan, Ha’apai di tengah, dan Vava’u di utara.

Sebagian besar penduduk Tonga tinggal di tiga pulau besar, dan hampir tiga perempatnya tinggal di Pulau Tongatapu.

Menurut laporan Britannica, populasi Tonga pada 2021 adalah 98.200 jiwa.

Perekonomian Tonga
Pertanian adalah andalan perekonomian Tonga. Labu, kelapa, pisang, dan vanili merupakan tanaman komersial utama yang mereka ekspor.

Selain itu, ada tanaman penting lainnya termasuk ubi jalar, talas, singkong, jagung, semangka, nanas, sukun, limau, dan tomat.

Semua tanah di Tonga pada dasarnya dimiliki oleh monarki. Tetapi, perkebunan besar telah dibagi di antara para bangsawan negara itu.

Namun, baru-baru ini, pertumbuhan penduduk telah mengurangi ukuran peruntukan sebenarnya di banyak tempat.

Produksi kayu, peternakan, dan penangkapan ikan juga berkontribusi pada perekonomian Tonga. (Kompas.com)