243 Petani Milenial Polbangtan Bogor Ikuti Bela Negara

BOGOR-WARTABOGOR.id – Mentan Syahrul Yasin Limpo pernah berpesan kepada Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) se Indonesia untuk memiliki agenda intelektual pertanian yang baik, juga memahami tentang industri pertanian 4.0 dengan meningkatkan kualitas kekuatan yang ada untuk memenuhi tantangan era sesuai kebutuhan.

Menindaklanjuti amanah Mentan, Polbangtan Bogor bekerjasama dengan Pusat Pendidikan Zeni (Pusdikzi) Kodiklat TNI-AD sukses menggelar kegiatan Bela Negara selama sepekan (10 -16/02) di Kampus Jurusan Pertanian Cibalagung. Sebanyak 243 mahasiswa tingkat I Jurusan Pertanian dan Jurusan Peternakan mengikuti acara tersebut dengan penuh semangat.

Direktur Polbangtan Bogor Siswoyo membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya dirinya sangat berharap mahasiswa mengikuti kegiatan ini dengan semangat sampai penutupan. “Semoga dengan kegiatan ini dapat membentuk karakter mahasiswa Polbangtan Bogor sebagai petani milenial yang selalu mencintai tanah air dan siap memajukan pertanian di Indonesia,” ucap Siswoyo.

Dibawah koordinasi Kepala Seksi Pengamanan dan Operasi (Kasipamops) Kapten Czi Khaidir Ilham Pusdikzi memberikan berbagai pengetahuan tentang bela negara kepada para petani milenial ini. Mulai dari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Peraturan Baris Berbaris (PBB), pengetahuan kemiliteran, dan olah raga.

Kapten Czi Sapto memberikan materi tentang mountaineering, yaitu kegiatan mendaki gunung dan menyusuri hutan dengan menerapkan materi-materi yang dibutuhkan selama pendakian. Dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Lettu Czi Hendro tentang  Navigasi Darat (Navrat). Navrat adalah ilmu yang mempelajari cara seseorang menentukan suatu tempat dan memberikan bayangan medan, baik keadaan permukaan serta bentang alam dari bumi dengan bantuan minimal peta dan kompas. Kapten Czi Khaidir Ilham menutup materi tentang survival, dikenal sebagai dasar kemampuan untuk bertahan hidup di suatu lingkungan.

Penutupan Bela Negara pada hari Minggu (16/02) di lapangan upacara Kampus Cibalagung. Direktur Polbangtan Bogor menutup secara resmi kegiatan tersebut setelah menyaksikan aneka atraksi mahasiswa seperti yel-yel, senam massal, bela diri,  dan pemecahan benda keras.

Pewarta : Arif Prastiyanto

Editor : Ar