Polbangtan Bogor Raih Juara Lomba Karya Tulis Ilmiah Tingkat Nasional

BOGOR-WARTABOGOR.id – Prestasi membanggakan kembali diraih para petani milenial Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.  Tim mahasiswa dari Program Studi Teknologi Mekanisasi Pertanian (TMP) Polbangta Bogor memenangkan kategori Best innovation pada Gelar Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTIN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pertanian. Kegiatan rutin tahunan tersebut bertujuan untuk memicu generasi muda pertanian berinovasi dibidang pertanian. LKTIN digelar di Kampus Polbangtan Bogor pada  8 Februari 2020.

Tim yang terdiri dari Teguh Sulaeman, Firda Hayati Nur Fauziah, dan Anisa Triwahyuni masuk dalam 10 besar karya tulis ilmiah terbaik, mengalahkan ratusan peserta dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Karya tulis ilmiah berjudul “Prototipe Otomatisasi Buka Tutup Pintu Air Irigasi di Box Tersier Menggunakan SOPI “Sensor Pintar ” Berbasis Arduino” merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk mempermudah operasi pintu air irigasi di tingkat tersier. Diharapkan SOPI bisa mengatasi permasalahan terkait pengelolaan sistem irigasi tersier yang kurang efisien.

Ketua Tim Teguh Sulaeman mengungkapkan perasaan syukur sekaligus bangga atas prestasi yang diraih. “Prestasi ini merupakan penyemangat untuk terus berinovasi di bidang teknologi pertanian,” ucapnya.

Sementara itu menurut dosen pembimbing Intan Kusuma Wardani, dirinya tidak menyangka anak bimbingannya memperoleh prestasi yang membanggakan. “Kami sangat mengapresiasi prestasi yang sudah diperoleh, kedepan mahasiswa perlu melakukan penelitian lanjutan untuk mengembangkan prototipe SOPI agar bisa diimplementasikan di lapangan,” ungkap Intan.

Senada dengan Intan, menurut Annisa Nur Ichniarsyah yang juga ikut membimbing mereka turut mengapresiasi semangat mahasiswa prodi TMP karena telah mengaplikasikan hasil pembelajaran mata kuliah dengan cepat dan tidak mudah menyerah. “Saya berharap semoga apa yang telah dibuat dapat menjadi sumber penelitian di lapangan kedepannya,” ucapnya.

Pewarta : Intan Kusuma W

Edit : Ar