Ba’asyir Bebas, Jubir Ponpes Al Mukmin Ngruki: Tak Ada Acara Penyambutan

JAKARTA-WARTABOGOR.id – Juru bicara Pondok Pesantren Al Mukmin Ngruki, Endro Sudarsono, memastikan tak ada acara khusus untuk menyambut kepulangan Abu Bakar Ba’asyir.

“Tidak ada acara penyambutan,” kata Endro, Jumat (8/1/2021).

Hal itu, menurut Endro, untuk menghindari kerumunan massa di tengah pandemi. Pihaknya juga telah memperketat penjagaan di pintu masuk pondok sejak Kamis malam lalu.

Penjagaan tersebut dilakukan oleh anggota Dewan Syariah Kota Surakarta (DSKS), alumni dan Pengurus Pondok Pesantren Al Mukmin.

“Petugas ini bertugas menutup akses pintu masuk dengan harapan tidak ada tamu, atau dari yang lain yang nanti akhirnya membuat kerumunan di pondok,” tutur dia.

Selain itu, Endro memperkirakan, rombongan penjemput Ba’asyir akan tiba pada Jumat siang sekitar pukul 14.00 WIB.

“Informasi dari keluarga tadi Ustaz Abu, pengacara dan tim medis meninggalkan Lapas Gunung Sindur pukul 05.24 WIB,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Ba’asyir telah menjalani hukuman penjara 15 tahun di Lapas Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.
Ba’asyir terbukti bersalah oleh majelis hakim di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2011 terkait upaya menggerakkan orang lain dalam penggunaan dana untuk melakukan tindak pidana terorisme.(kompas.com)