BNN Ajak Mahasiswa Baru Polbangtan Bogor Jauhi Narkoba

BOGOR-WARTABOGOR.id – Masa Bimbingan Dasar Mahasiswa (MABIDAMA) Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor mengagendakan Sosialisasi Bahaya Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) pada Rabu lalu (7/10) secara virtual. Tampil sebagai pembicara Psikolog Balai Besar Rehabilitasi BNN RI Mulyanto, S. Psi., M. Psi.

Mulyanto mengajak mahasiswa baru Polbangtan Bogor menjauhi narkoba melalui tema ‘Mahasiswa, Muda, Sehat, Tanpa Narkoba’.Ia memberikan cara bersikap tegas dan bilang tidak pada narkoba. “Lakukan kontak mata, utarakan pendapatmu secara langsung dan jelas, katakan bahwa kamu TIDAK tertarik,” tegasnya.

Mahasiswa baru Polbangtan Bogor menyambut baik serta mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba ini, dengan adanya sosialisasi ini, generasi muda kita menjadi lebih paham terhadap pengaruh buruk narkoba, sehingga harapan kita untuk menyelamatkan generasi muda dari bahaya narkoba dapat terwujud dengan mudah.

Seiring dengan bergulirnya reformasi di Indonesia, di era globalisasi ini bangsa Indonesia justru menghadapi berbagai persoalan, termasuk persoalan yang dihadapi generasi muda yang begitu kompleks. Mulai dari putus sekolah, kenakalan remaja, tindak kriminalitas yang dilakukan oleh remaja sampai masalah penyalahgunaan narkoba.

Oleh karena itu kita harus bertekat bulat, bahwa penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba merupakan bahaya yang harus ditangani secara dini, dengan melibatkan seluruh potensi yang ada baik di pemerintah, masyarakat,dan pihak-pihak terkait lainnya.

Remaja atau generasi muda adalah bagian dari masyarakat yang merupakan generasi penerus bangsa, diharapkan dapat terbebas dari pengaruh penyalahgunaan narkoba. Maka dengan demikian betapa strategisnya peran orangtua bersama-sama dengan pemerintah serta unsur masyarakat lainnya, dapat melakukan aksi kegiatan yang berskala lokal maupun nasional, dalam rangka memerangi kejahatan narkoba serta menyelamatkan generasi muda kita dari kejahatan narkoba.

Dalam upaya menjadi generasi muda penerus bangsa yang merupakan sumber daya potensial untuk merebut masa depan, kalian harus dapat meningkatkan kualitas diri dengan ilmu pengetahuan dan teknologi sesuai dengan landasan yang diperlukan pada masa yang akan datang. Kalian adalah calon-calon pemimpin bangsa masa depan, yang diharapkan mampu memimpin bangsa disegala sektor kehidupan, membawa bangsa ini mencapai tujuan nasional serta dapat bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Pewarta : Fasha & Arif

Sumber : Polbangtan Bogor