Dukung Program Kementan, Ahmad Baihaqi Kampanyekan Pekarangan Pangan Lestari (P2L) ke Jambi

TANJUNG JABUNG BARAT-WARTABOGOR.id – Kementerian Pertanian tengah menjalankan program strategis dan kampanye Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Untuk mencukupi kebutuhan pangan, sekaligus memberikan penghasilan. Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) sangat membantu masyarakat untuk lebih memanfaatkan  pekarangan rumah, sehingga selain pekarangan lebih indah juga dapat memenuhi kebutuhan pangan di rumah bahkan kualitas pangan yang dihasilkan sangat terjamin karena dikerjakan dan diolah di pekarangan rumah sendiri.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor tidak ketinggalan turut berpartisipasi menyukseskan Program P2L. Adalah Ahmad Baihaqi, mahasiswa Program Studi Penyuluhan Pertanian Berkelanjutan (PPB) Jurusan Pertanian asal Jambi ini pulang ke daerahnya sambil mengenalkan Program P2L kepada petani di daerahnya.

Dengan dibekali surat dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Baihaqi melapor ke Dinas Ketahanan Pangan Tanjung Jabung Barat.  Ia ditempatkan sesuai dengan lokasi yang tertera di lampiran surat yaitu Desa Parit Pudin, Kecamatan Pengabuan , Kabupaten Tanjung Jabung Barat. “Saat terjun langsung ke lapangan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mutiara saya dibimbing Bapak Fajrin Pratama selaku penyuluh di Desa Parit Pudin,” ungkapnya.

Baihaqi sangat bersyukur dapat ikut serta dalam kegiatan ini, selain menambah pengalaman dan pengetahuan ia juga dapat memajukan dan mengembangkan wilayah tempat kelahiranya.  “Saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Ketahanan Pangan Tanjung Jabung Barat, BPP Pengabuan, dan KWT Mutiara karena saya dapat diterima dengan baik,” imbuhnya.

Fajrin Pratama selaku penyuluh di Desa Parit Pudin sangat terbantu dengan kehadiran Baihaqi. Ia menegaskan bahwa mahasiswa dituntut untuk aktif mengikuti seluruh rangkaian kegiatan P2L ini di desa Parit Pudin serta diharapkan dapat membawa perubahan ke arah yang lebih baik. “Kegiatan yang dilakukan oleh kelompoktani bersama penyuluh dan mahasiswa Polbangtan Bogor sangat membantu merangsang masyarakat lain untuk dapat memanfaatkan pekarangan rumah dan memenuhi kebutuhan pangan di rumah sendiri,” imbuhnya.

 

Baihaqi menceritakan pengalamannya selama bersama KWT Mutiara. Semangat sangat terlihat dari ibu-ibu KWT Mutiara untuk mensukseskan program P2L ini, ketika datang disambut dengan baik.  Ia pun mengutarakan harapan dan bimbingan agar program dapat berjalan dengan baik dan dapat berkelanjutan untuk terus menjalankan dengan mandiri sehingga menular ke anggota masyarakat lain.

“Saya akan berusaha memanfaatkan kesempatan ini, karena kalau bukan kita yang memajukan pertanian siapa lagi,” pungkasnya.

Pewarta : Arif Prastiyanto

Sumber : Ahmad Baihaqi Polbangtan Bogor