Polbangtan Bogor Kembali Raih Dua ISO

BOGOR–WARTABOGOR.id – Ketika sebuah instansi menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO, maka perlu berkomunikasi dengan lembaga sertifikasi untuk mencari tahu apa yang perlu dilakukan untuk mengesahkan bahwa sistem manajemen instansi tersebut telah sesuai dengan persyaratan. Lembaga sertifikasi akan memberitahu instansi yang bersangkutan tentang audit dokumentasi, audit sertifikasi, dan siklus audit surveillance sampai audit sertifikasi ulang.

Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor bekerja sama dengan Szutest sejak tahun 2019 melakukan surveillance witnessed auditor ISO. Audit dilaksanakan selama tiga hari (13-15/01).

Penanggung jawab audit, Rosari H. Armadiana menjelaskan hari pertama dilaksanakan di Kampus Cibalagung, dimana tim auditor dari Szutest Indonesia juga diawasi langsung melalui daring oleh tim auditor Szutest dari Turki dan US. “Tanpa membuang banyak waktu, selesai acara pembukaan tim auditor langsung melakukan office tour ke seluruh fasilitas akademik Polbangtan Bogor,” imbuhnya.

Kepala Bagian Umum ini juga mendampingi tim auditor ke berupa lahan, Smart Green House, dan fasilitas akademik jurusan pertanian lainnya.

Hari kedua, tim auditor melakukan office tour ke fasilitas penunjang akademik seperti perpustakaan, lab komputer, dan lab multimedia. Hari terakhir, tim auditor Szutest didampingi oleh Kabag Umum dan Wadir II berkunjung ke Kampus Cinagara untuk melihat fasilitas jurusan peternakan.

“Alhamdulillah, hasil laporan auditor Szutest kita (Polbangtan, red) masih tersertifikasi ISO 9001:2015 dan 21001:2018, dengan beberapa catatan yang masih harus ditindaklanjuti. Tetap semangat. Terima kasih atas komitmen dan kerjasama bapak ibu semua”, ungkap Rosari di acara penutupan Surveillance Witnessed Auditor ISO.

Pewarta: Ardianinda Wisda

Sumber : Polbangtan Bogor